Kompas.com - 12/03/2022, 13:03 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Wedang uwuh merupakan salah satu minuman tradisional yang kini populer. Minuman ini berisi aneka rempah dari rimpang dan daun kering. 

Penyajiannya biasanya dengan direbus atau diseduh menggunakan air panas. 

Prof. Dr. Mae Sri Hartati Wahyuningsih, M.Si.,Apt, selaku dosen dari Departemen Farmakologi dan Terapi FKKMK UGM dan Pusat Kedokteran HerbaL FKKMK UGM mengatakan bahwa wedang uwuh paling nikmat jika dikonsumsi saat pagi atau sore hari. 

Baca juga:

Selain itu, wedang uwuh juga cocok dinikmati sebelum tidur pada malam hari. Sebab minuman ini bisa meningkatkan kualitas tidur. 

"Kalau dilihat dari waktu, kalau saya itu pagi sama sore, apalagi kalau mau tidur. Itu enak banget rasanya," tutur Mae kepada Kompas.com.

Ketika cuaca sedang mendung atau hujan, meminum segelas wedang uwuh bisa jadi pilihan tepat. Pasalnya wedang uwuh mengandung rempah yang bisa menghangatkan badan.

"Atau pada waktu musim ngerijih itu lo, waktu musim hujan itu juga enak karena dia kan hangat," tambahnya. 

Ilustrasi rempah-rempah, bahan untuk membuat wedang uwuh. SHUTTERSTOCK/HARISMOYO Ilustrasi rempah-rempah, bahan untuk membuat wedang uwuh.

Lantas apakah wedang uwuh boleh diminum setiap hari? 

Bicara mengenai hal tersebut, Mae mengatakan bahwa merujuk kembali pada bahan-bahan dan racikan yang digunakan untuk membuat wedang uwuh. 

Baca juga:

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.