Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Tips Bikin Peyek Enak Siap Jual, dari Pilih Bahan sampai Pengemasan

Kompas.com - 25/02/2022, 20:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Peyek dapat dinikmati sebagai camilan atau lauk makan. Camilan ini banyak disukai karena renyah dan gurih.

Oleh karenanya, peyek bisa menjadi salah satu ide jualan. Terlebih jika kamu mau mengkreasikan dengan berbagai macam isian, seperti kacang tanah hingga rebon. 

Baca juga:

Cara membuat peyek gampang-gampang susah. Sebab jika ada satu hal yang keliru, peyek bisa menjadi keras dan tidak renyah. 

Guna mengantisipasi peyek gagal, berikut ini ada tips bikin peyek enak dan renyah yang bisa diikuti. Tips ini bisa menjadi panduan untukmu yang berniat berjualan peyek. 

Ilustrasi tepung beras ketan. SHUTTERSTOCK/HANDMADEPICTURES Ilustrasi tepung beras ketan.

1. Pakai tepung beras yang bagus

Corporate Chef Parador Hotels, Gatot Susanto mengatakan bahwa kualitas tepung beras merupakan kunci kerenyahan peyek. 

Saat membuat peyek pastikan tepung berasnya kering dan lembut. Jika memakai tepung beras homemade maka kamu perlu menggilingnya sampai halus. 

Atau, jika tak ingin repot bisa pakai tepung beras kemasan yang dijual di pasar.  

"Itu tepung berasnya harus lembut dan kering. Kalau tradisional itu kan direndam, lalu ditumbuk, kemudian dijemur. Nah itu tumbukannya harus yang lembut. Itu pasti crispy, enggak keras," tutur Gatot kepada Kompas.com, Rabu (23/02/2022).

Baca juga:

2. Pakai santan peras

Santan merupakan bahan penting dalam adonan peyek. Sebab santan dapat memberi rasa gurih sekaligus membuat teksturnya lebih renyah. 

Saat membuat adonan peyek, baiknya gunakan santan perasan pertama agar lebih gurih. Walau begitu sebetulnya boleh memakai santan instan, tapi sebaiknya untuk alternatif saja. 

Baca juga:

3. Tambahkan telur 

Sama halnya dengan santan, telur juga merupakan bahan krusial dalam pembuatan peyek. Menurut Gatot, telur dapat membantu mengikat adonan sehingga peyek tidak keras. 

Di samping itu, telur pun dapat menghasilkan peyek yang bagus dan tidak bolong-bolong karena adonannya menyatu dengan baik. 

"Sama kayak santan, kalau telur bantu crispy juga. Terus kalau telur itu buat ngiket si adonannya, jadi biasanya itu enggak bolong-bolong jadinya rapi, rata," jelasnya.

Ilustrasi adonan tepung peyek yang sudah diberi kacang tanah. SHUTTERSTOCK/ Didin Wahidin Ilustrasi adonan tepung peyek yang sudah diberi kacang tanah.

4. Perhatikan takaran bahan 

Kunci membuat peyek renyah yakni dengan memperhatikan takaran bahannya. Pastikan seluruh takaran bahannya sesuai agar gorengan peyeknya tidak keras. 

Sebab bahan peyek sebetulnya adalah satu kesatuan. Jadi, jika ada satu bahan yang takarannya terlalu banyak atau sebaliknya peyek menjadi kurang lezat. 

Baca juga:

5. Beri daun jeruk 

Peyek dapat ditambahkan dengan daun jeruk agar aromanya lebih harum. Namun sebelum menggunakannya, daun jeruk perlu dibuang dulu tulangnya lalu diiris tipis. 

Selain itu, takaran daun jeruknya juga jangan terlalu banyak agar rasa peyeknya sesuai.

Baca juga: Cara Pakai Daun Jeruk untuk Membuat Peyek, Buang Tulangnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com