Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2022, 21:11 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Jepang punya beberapa macam mi yang cukup populer di Indonesia, seperti ramen dan soba. Masing-masing mi tersebut memiliki karaktertistik yang berbeda. 

Jika kamu penggemar mi khas Jepang, agaknya perlu mengetahui perbedaan soba dan ramen. Sebab dua jenis ini sebetulnya juga berbeda. 

Melansir dari Spoon University dan Japan Truly, berikut perbedaan soba dan ramen yang perlu diketahui. 

Baca juga:

Ramen adalah olahan mi kuah asal China tapi sangat terkenal di Jepang, sehingga banyak yang mengira mi ini lahir di Jepang.Unsplash/Diego Lozano Ramen adalah olahan mi kuah asal China tapi sangat terkenal di Jepang, sehingga banyak yang mengira mi ini lahir di Jepang.

1. Bahan 

Perbedaan soba dan ramen ada pada bahan pembuatannya. Soba umumnya terbuat dari tepung buckwheat atau gandum kuda, sedangkan ramen berbahan dasar tepung gandum.

Dalam pembuatannya biasanya soda ditambahkan pula dengan tepung gandum supaya tidak mudah rusak. Meski begitu dua jenis mi khas Jepang ini punya karakteristik yang berbeda.

2. Tekstur dan tampilan 

 

Karena terbuat dari gandum kuda, soda memiliki tekstur mi yang lebih elastis dan tipis. Di samping itu warnanya juga abu-abu kecoklatan. 

Tekstur soda yang demikian dapat membuatnya menyerap kaldu dengan baik. Oleh sebab itu, mi soda bisa dinikmati dengan kaldu atau bumbu ringan. 

Baca juga:

Ramen umumnya memiliki tekstur mi yang lebih kenyal. Dari tampilan, warnanya biasanya kekuningan. 

Mie soba yang sudah direbus. Sebelah kiri adalah hasil potongan chef di Mapple Inn Hotel sedangkan sebelah kanan hasil potongan KompasTravel. KOMPAS.com/JESSI CARINA Mie soba yang sudah direbus. Sebelah kiri adalah hasil potongan chef di Mapple Inn Hotel sedangkan sebelah kanan hasil potongan KompasTravel.

3. Penyajian

Penyajian soba dan ramen sebetulnya mirip. Keduanya biasa disantap dengan kuah yang gurih. Namun untuk soba sendiri, kamu bisa menyantapnya dalam kondisi hangat maupun dingin. 

Selain itu, ramen biasa disajikan langsung dengan kuahnya. Sementara, soba bisa disajikan dalam keadaan terpisah lalu dinikmati dengan cara mencelupkan ke kaldu atau sausnya.

Baca juga:

Lebih jauh, soba juga ditambahkan pada salad atau dimasak menjadi hidangan tumis. Namun memasaknya harus hati-hati karena soba mudah hancur. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com