Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Bumbu Urap agar Tahan Lama, Bisa untuk Stok

Kompas.com - 21/02/2022, 22:02 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Urap sebetulnya adalah sayuran yang mudah dibuat. Namun karena bumbunya memakai kelapa parut biasanya jadi tidak tahan lama. 

Meski begitu ada cara membuat bumbu urap agar awet. Jika dimasak dengan benar bumbu urap ini pun dapat disimpan untuk stok dan digunakan esok hari. 

Baca juga:

Berikut cara membuat bumbu urap agar tahan lama yang bisa diikuti. 

1. Pakai kelapa parut segar 

Ilustrasi kelapa parut untuk membuat unti kelapa. SHUTTERSTOCK/SUNHAJI Ilustrasi kelapa parut untuk membuat unti kelapa.

Kunci membuat bumbu urap tahan lama yakni pada penggunaan kelapanya. Sebaiknya gunakan kelapa muda yang baru diparut jika ingin membuat bumbu urap untuk stok. 

2. Masak kelapa parut dengan bumbu 

Dilansir dari "Masakan Rumahan Lezat Dan Nikmat" (2021) oleh Banu Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka bumbu urap sebetulnya tidak perlu dikukus. 

Namun perlu dimasak dengan bumbu halus dan air supaya tidak cepat basi. Cara memasaknya cukup disangrai sampai airnya menyusutnya. 

Baca juga:

Ilustrasi urap sayur. SHUTTERSTOCK/SUKARMAN S.T Ilustrasi urap sayur.

3. Kukus kelapa parut 

Dalam buku "Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS" (2018) oleh Nyonya Rumah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dijelaskan bahwa bumbu urap perlu dikukus dulu jika tak ingin langsung dimakan.

Proses pengukusan dapat membuatnya lebih awet dan tidak cepat basi. Jadi, bisa dinikmati esok hari. 

Baca juga:

4. Penyimpanan bumbu urap 

Selain dari proses memasak, penyimpanan bumbu urap juga dapat memengaruhi ketahanannya. Setelah dimasak, bumbu urap dapat didinginkan lalu dikemas dalam plastik kecil kemudian tempatkan di kulkas. 

Cara ini dapat membuatnya bertahan hingga dua hari jika suhu kulkasnya stabil.

Buku "Masakan Rumahan Lezat Dan Nikmat" (2021) oleh Banu Susanto dan "Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS" (2018) oleh Nyonya Rumah terbitan PT Gramedia Pustaka dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com