Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Petis merupakan salah satu bumbu masakan khas Indonesia yang banyak digunakan untuk membuat makanan khas Jawa Timur.

Menu makanan khas Jawa Timur berbumbu petis, di antaranya, ada tahu campur lamongan, tahu tek surabaya, dan lontong kupang khas Surabaya.

Baca juga:

Selain makanan berbumbu petis yang beraneka macam, petis juga ada banyak variasinya. Misalnya saja, petis khas Surabaya dan petis khas Madura.

Kalau kamu sedag berkunjung di salah satu toko oleh-oleh khas Surabaya dan menemui kedua petis tersebut. Kenali perbedaannya agar tidak salah pilih, dari bahan membuat hingga cara menggunakannya.

Apa bedanya petis surabaya dan petis madura?

Ilustrasi tahu petis udang.DOK.SHUTTERSTOCK/Cornelius Krishna Tedjo Ilustrasi tahu petis udang.

Dihubungi oleh Kompas.com pada Rabu (09/02/2022), Faizul Mubarok selaku pemilik usaha Petis Maju Tresno di Gresik mengatakan kalau petis surabaya terbuat dari sari udang sementara petis madura terbuat dari sari ikan.

“Kalau surabaya itu petis udang ya, terbuat dari sari udang. Tapi kalau petis madura itu dari sari ikan.” tuturnya.

Kendati demikian, ada juga petis surabaya yang terbuat dari sari ikan yang dimasak dengan gula hingga menghitam. Ditambahkan pula dengan bumbu lainnya. 

Sementara petis madrua juga bisa dibuat dari sari ikan seperti ikan pindang atau pun udang. Hanya saja, ikan atau udang tersebut direbus hingga keluar kaldunya. Setelah itu, kaldu dimasak dengan garam hingga mengental. 

Baca juga:

“Kalau petis udang itu warnanya hitam tapi kalau petis madura itu punya warna agak merah.” katanya.

Tekstur dari petis surabaya yang terbuat dari sari udang seperti pasta. Sementara itu, petis madura yang terbuat dari sari ikan mirip dengan saus karamel atau gula yang dilelehkan.

Selain itu, rasa dari petis surabaya dan petis madura juga berbeda. Petis udang surabaya lebih cenderung manis karena penggunaan gula merah atau gula pasir untuk membuatnya.

Sementara itu, petis madura memiliki rasa asin dan aroma khas ikan yang membuatnya sering digunakan sebagai rujak buah atau rujak lontong.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com