Kompas.com - 03/02/2022, 08:22 WIB

KOMPAS.com - Rasa perih yang dirasakan pada mata saat mengiris bawang bombai terjadi karena adanya reaksi kimia antara enzim di dalam bawang dan mata manusia.

Supaya kegiatan mengiris bawang bombai terasa mudah tanpa gangguan rasa perih dan air mata, kamu perlu meminimalisasi rasa perih tersebut.

Ada lima cara yang dapat dilakukan guna mencegah mata menangis saat mengiris bawang bombai, dilansir dari laman Healthline dan Food52:

Baca juga:

1. Perhatikan cara potong bawang 

Memotong bawang dengan cara yang benar dapat membantu mengurangi rasa perih pada mata.

Salah satunya yaitu menjauhkan mata dari bawang yang diiris supaya gas yang dikeluarkan bawang tidak langsung mengenai mata.

Selain itu, jangan potong bawang di dekat ujung akarnya. Bagian ujung akar bawang mengandung senyawa sulfur yang lebih tinggi, sehingga bisa membuat mata menjadi cepat perih dan mengeluarkan air mata. 

2. Gunakan pisau yang tajam untuk potong bawang

Tingkat ketajaman pisau juga berpengaruh terhadap potensi keluarnya air mata.

Semakin tajam pisau yang digunakan untuk mengiris bawang bombai, semakin sedikit kerusakan yang terjadi pada bawang.

Minimnya kerusakan pada bawang menyebabkan semakin sedikit gas yang dilepaskan oleh bawang, sehingga bisa meminimalisasi keluarnya air mata.

Ilustrasi bawang bombaiDok. Pexels/ Karolina Grabowska Ilustrasi bawang bombai

3. Rendam bawang dengan air es

Salah satu cara supaya mencegah keluarnya air mata saat mengiris bawang yaitu menghilangkan gas yang dikeluarkan oleh bawang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.