Kompas.com - 27/01/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Resep madu mongso tahan lama ini bisa kamu ikuti dengan mudah di rumah.

Bahan dan cara membuat madu mongso cukup mudah ditemukan. Salah satunya bahan utama yang perlu kamu siapkan adalah tape ketan hitam.

Beli tape ketan hitam berkualitas agar hasil dari madu mongso buatanmu enak.

Kalau kamu punya waktu luang, kamu bisa membuat tape ketan hitam sendiri di rumah. Pastikan tape ketan diproses dengan baik agar hasil peragian berhasil dan rasanya tidak terlalu asam.

Baca juga:

Ikuti resep madumongso dari buku “Aroma Rasa Kuliner Indonesia - Kue Kering Klasik” (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, bikin untuk 500 gram madu mongso.

Ilustrasi madu mongso tape ketan hitam, jajan Lebaran khas Jawa Timur. SHUTTERSTOCK/WIEN KUSUMA Ilustrasi madu mongso tape ketan hitam, jajan Lebaran khas Jawa Timur.

Resep madumongso

Bahan:

  • 500 gram tape ketan hitam, siap pakai
  • 100 gram gula merah serut
  • 100 gram gula pasir
  • 400 ml santan kental
  • ½ sdt garam
  • 3 lembar daun pandan, simpulkan
  • Kertas minyak atau plastik ukuran 10x12 cm

Baca juga:

Cara membuat madu mongso

  1. Siapkan panci bersih, rebus santan, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan garam. Aduk-aduk terus selama proses merebus santan.
  2. Masukkan tape ketan hitam, kecilkan api, masak hingga santan menyusut dan menjadi adonan yang kalis. Angkat.
  3. Ambil satu lembat kertas minyak atau plastik, beri satu sendok makan adonan. Bungkus dan ikat madu mongso sesuai selera. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Hidangkan dan nikmati madu mongso untuk teman minum teh.

Buku “Aroma Rasa Kuliner Indonesia - Kue Kering Klasik” (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.