Kompas.com - 26/01/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Salah satu  makanan bergizi yang penting dikonsumsi oleh setiap orang khususnya usia anak-anak adalah sayuran.

Melansir laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sayur memilik banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya memperlancar pencernaan, mencegah penyakit jantung, sumber energi tubuh, mencegah kelahiran bayi cacat, dan membersihkan racun dalam tubuh.

Sayur merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi saat memasak sayur kamu perlu mengetahui cara memasak sayur yang benar supaya kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur tidak rusak.

Pada acara konferensi pers Royco dengan tema "Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas" secara daring, Pemenang Masterchef Indonesia Season 7 Jerry Andrean memberikan tips memasak sayur supaya tidak terlalu layu:

Baca juga:

1. Perhatikan jenis sayur

Ilustrasi wortel kaya akan vitamin A sebagai nutrisi yang baik untuk kesehatan mata.UNSPLASH/LOUIS HANSEL Ilustrasi wortel kaya akan vitamin A sebagai nutrisi yang baik untuk kesehatan mata.

Ada banyak jenis sayur yang kerap kita jumpai di pasaran, seperti sayuran daun, batang,  bunga, buah, umbi, polong, jamur, dan lainnya.

Setiap jenis sayur memiliki karakteristik masing-masing, ada yang tipis dan mudah robek, ada juga yang memiliki struktur padat.

Oleh karena itu penting untuk mengetuhui jenis sayur yang akan diolah. Hal ini nantinya akan  mempengaruhi cara memasak dan lama proses memasaknya.

Baca juga:

2. Perhatikan waktu memasak.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga merupakan makanan penambah daya ingat dan dianggap sebagai makanan pokok dalam diet sehat untuk otak.freepik Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga merupakan makanan penambah daya ingat dan dianggap sebagai makanan pokok dalam diet sehat untuk otak.

Jerry mengatakaan supaya hasil masakan sayur tidak terlalu layu, sebaiknya kamu memperhatikan lama waktu memasak.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber KEMKES
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.