Kompas.com - 26/01/2022, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Madu mongso terbuat dari tape ketan. Umumnya, tape ketan yang digunakan adalah tape ketan hitam.

Namun tidak ada salahnya untuk menggunakan beras ketan putih sebagai variasi madu mongso.

Melalui wawancara via telepon pada Selasa (25/01/2022), Vina selaku anak dari Bu Binti yang juga pemilik usaha Madumongso bubinti di Kediri mengatakan kalau membuat madu mongso bisa langsung menggunakan tape ketan.

Baca juga: 15 Resep Olahan Beras Ketan Putih yang Simpel dan Enak

Hanya saja, kalau kamu ingin membuat madu mongso yang enak, kamu bisa membuatnya dari awal dengan menggunakan beras ketan yang diolah menjadi tape.

Simak penjelasan seputar cara memilih beras ketan hitam untuk membuat madu mongso agar tidak tengik berikut ini.

Ilustrasi madu mongso tape ketan hitam, jajan Lebaran khas Jawa Timur. SHUTTERSTOCK/WIEN KUSUMA Ilustrasi madu mongso tape ketan hitam, jajan Lebaran khas Jawa Timur.

1. Pilih beras ketan yang tidak ada kulitnya

Menurut Vina, pilih beras ketan hitam yang kulitnya sudah dihilangkan.

“Kalau kita itu kan pesan ke orang. Nah biasanya kita bilang, maunya yang beras ketannya itu nggak ada kulitnya. Karena kalau masih ada kulitnya, butuh waktu lagi buat ngilanginnya.” jelas Vina.

“Itu perlu disaring lagi soalnya kalau masih ada kulit berasnya. Nah itu kan memakan waktu jadinya. Mungkin bisa pilih yang kulitnya sudah terpisah-pisah” imbuhnya.

Baca juga: 15 Resep Makanan dari Ketan Hitam, Ada Bubur Manis dan Bolu Kukus

2. Pilih beras ketan yang sudah digiling dua kali

Dalam penuturannya, Vina mengatakan kalau menggunakan beras ketan hitam yang diproses kembali hingga menjadi tipis untuk membuat madu mongso.

“Kalau di dunia perketanan itu pilih beras ketan yang sudah sosohan atau artinya beras ketan yang sudah digiling lebih tipis dan halus lagi.” kata Vina.

Menurut Vina, pemilihan beras ketan yang sudah digiling lebih tipis ini bisa mengurangi rasa asam pada hasil madu mongso.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.