Kompas.com - 26/01/2022, 10:07 WIB
Ilustrasi madumongso wijen. Dok. Sajian SedapIlustrasi madumongso wijen.

KOMPAS.com - Madu mongso adalah panganan kuno khas Jawa Timur yang terbuat dari beras ketan hitam.

Beras ketan hitam difermentasi hingga menjadi tape. Setelah itu, tape ketan dimasak dengan santan kental, ragi, dan gula pasir.

Walau bahan yang digunakan untuk membuat madu mongso cukup sederhana, tetapi cara membuat madu mongso membutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

Dihubungi oleh Kompas.com, Vina selaku anak dari Bu Binti yang juga pemilik usaha Madumongso bubinti di Kediri membagikan tips membuat madu mongso yang lembut dan tidak mudah tengik.

Baca juga: Resep Madumongso Wijen, Camilan Manis di Pernikahan Adat Jawa

Ilustrasi madu mongso tape ketan hitam, jajan Lebaran khas Jawa Timur. SHUTTERSTOCK/WIEN KUSUMA Ilustrasi madu mongso tape ketan hitam, jajan Lebaran khas Jawa Timur.

1. Pemilihan tape ketan untuk madu mongso

Menurut Vina, membuat madu mongso bisa dengan menggunakan tape ketan hitam. Namun, ia menyarankan untuk menggunakan tape ketan yang bagus.

“Madu mongso bisa langsung pakai tape ketan. Karena bahan dasarnya tape ketan, jadi harus pilih tape ketan yang bagus. Kalau tape ketannya bagus ya madu mongsonya bagus.” jelas Vina.

Salah satu cara memilih tape ketan yang bagus adalah yang tidak memiliki rasa terlalu asam.

Baca juga: Resep Madu Mongso Tape Ketan Hitam, Jajan Lebaran Khas Jawa Timur

2. Rebus santan untuk madu mongso

Cara membuat madu mongso yang kedua adalah merebus santan. Dalam penuturannya, Vina biasa menggunakan santan yang direbus hingga mengeluarkan sedikit minyak.

“Kalau kita biasa menggunakan santan yang biasa disebut dengan karih, itu santan yang direbus lama sampai keluar minyaknya.” ungkapnya.

Ilustrasi madumongso bungkus warna-warni. SHUTTERSTOCK/JOKOISWANTO Ilustrasi madumongso bungkus warna-warni.

3. Pastikan menggunakan suhu api yang stabil

Vina menyarankan untuk menggunakan suhu api yang stabil. Setelah semua bahan dimasukkan dalam penggorengan, masak dengan suhu api yang stabil.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.