Kompas.com - 26/01/2022, 09:03 WIB
Ilustrasi madumongso bungkus warna-warni. SHUTTERSTOCK/JOKOISWANTOIlustrasi madumongso bungkus warna-warni.

KOMPAS.com - Madu mongso adalah jajanan tradisional khas Jawa Timur yang banyak disuguhkan saat perayaan Hari Raya atau acara penting seperti pernikahan atau khitanan.

Jajanan jadul ini terbuat dari tape ketan sebagai bahan dasarnya. Umumnya, tape ketan yang digunakan terbuat dari beras ketan hitam.

Pada resep madu mongso tahan lama yang satu ini menggunakan lima bahan saja. Cara membuat madu mongso ini cukup mudah. Hanya tiga langkah masak saja.

Namun kamu perlu memerhatikan proses mengaduk adonan madu mongso hingga mengering. Pastikan adonan madu mongso buatanmu diaduk dengan api kecil yang stabil.

Baca juga: Resep Madumongso Wijen, Camilan Manis di Pernikahan Adat Jawa

Ikuti resep madu mongso untuk 20 buah seperti yang dilansir dari buku “25 Kreasi Antaran Kue Nampan Harga 100 Ribuan + 90 Resep Kue Mini” (2014) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep madu mongso

Bahan:

  • 500 gram tape ketan hitam (tak perlu manis)
  • 300 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 750 ml santan

Baca juga: Resep Madu Mongso Tape Ketan Hitam, Jajan Lebaran Khas Jawa Timur

Cara membuat madu mongso

  1. Rebus santan hingga mendidih, masukkan gula merah, gula pasir, dan daun pandan, aduk hingga rata.
  2. Masukkan tape, aduk dan masak dengan api kecil. Pastikan kamu memasak adonan madu mongso hingga mengering dan tidak lengket di tangan. Angkat dan dinginkan.
  3. Bentuk adonan madu mongso sesuai selera. Kamu bisa menghidangkan madu monso dengan es puter atau es krim.

Buku “25 Kreasi Antaran Kue Nampan Harga 100 Ribuan + 90 Resep Kue Mini” (2014) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.