Kompas.com - 24/01/2022, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Cauliflower steak atau steak kembang kol ialah hidangan yang disuguhkan oleh April, salah satu peserta Masterchef Indonesia Season 9 pada episode kedua, Minggu (23/1/2022).

Saat sebagian besar peserta menyuguhkan makanan berbahan dasar daging, seperti ayam, ikan, dan sapi, April membawa olahan sayuran yakni cauliflower steak.

Hal tersebut April lakukan sebagai strategi untuk menjadi berbeda dari peserta yang lain. 

Salah satu juri Masterchef Indonesia Season 9 Chef Juna Rorimpandey memuji strategi kompetisi yang disusun oleh April. 

Baca juga:

Lalu, apa itu cauliflower steak?

Melansir The Guardian, cauliflower steak ialah olahan kembang kol yang dimasak layaknya steak, supaya memberikan sensasi dan rasa yang mirip dengan sepotong daging. 

Biasanya makanan disajikan untuk orang vegetarian yang ingin makan daging. Tidak hanya dari rasa tetapi penyajian dan cara memakannya mirip dengan steak yakni menggunakan garpu dan pisau.

Menambahkan dari BBC Good Food, kembang kol yang disajikan sebagai steak ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi sehingga cocok dijadikan sebagai rekomendasi menu diet sehat.

Sekilas cauliflower steak terlihat kurang menarik, terutama pada bagian tepi kembang kol yang berwarna kecoklatan seperti makanan gosong.

Pengolahan cauliflower steak termasuk sederhana, kembang kol utuh dikukus terlebih dahulu kemudian digoreng atau dipanggang bersama lelehan mentega. 

Saat dimasak, bagian luar kembang kol akan mengembang dan teksturnya akan berubah menjadi renyah. Hasil olahan kembang kol ini memiliki cita rasa asin dan gurih seperti kerupuk vegetarian.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.