Kompas.com - 23/01/2022, 22:04 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Lemon zest kerap digunakan untuk memberi aroma atau garnish pada hidangan.

Penggunaan lemon zest pun cukup beragam, tidak hanya pada makanan manis tapi juga gurih. Walau cukup sering digunakan, tapi lemon zest juga bisa digantikan dengan bahan lainnya. 

Baca juga:

Berikut ini beberapa bahan pengganti lemon zest melansir dari Taste of Home dan BHG.com.

1. Kulit lemon kering 

Kulit lemon kering dapat digunakan sebagai pengganti lemon zest. Namun karena rasanya lebih kuat, penggunaannya perlu disesuaikan.

Takaran yang dianjurkan yakni satu per tiga sendok makan lemon kering untuk menggantikan satu sendok lemon zest.

Agar awet dan bisa digunakan kapan saja, keringkan irisan buah lemon menggunakan bantuan oven.Unsplash/Seyedeh Hamideh Agar awet dan bisa digunakan kapan saja, keringkan irisan buah lemon menggunakan bantuan oven.

2. Ekstrak lemon

Bahan pengganti lemon zest lainnya yaitu ekstrak lemon. Takarannya yakni setengah sendok teh ekstrak lemon untuk menggantikan satu sendok teh lemon zest. 

Baca juga:

3. Jus lemon 

Ilustrasi kulit lemon. Kulit lemon memiliki banyak manfaat bagi tanaman, salah satunya membasmi hama kutu daun. PIXABAY/AJALE Ilustrasi kulit lemon. Kulit lemon memiliki banyak manfaat bagi tanaman, salah satunya membasmi hama kutu daun.

Satu sendok teh lemon zest dapat digantikan dengan dua sendok makan jus lemon. Namun alih-alih memakai jus lemon botolan lebih disarankan jika pakai perasan lemon segar.

Bahan pengganti ini bisa untuk hidangan seperti saus atau adonan kue dan dessert. 

Baca juga:

4. Citrus lainnya

Kulit Buah citrus lainnya, seperti jeruk nipis dan jeruk bali dapat digunakan sebagai pengganti lemon zest. Takaran yang digunakan pun sama banyak, yaitu 1:1 untuk lemon zest dan kulit citrus lain. 

Baca juga: Cara Pilih Jeruk Nipis yang Banyak Airnya, Lihat dari Warna Kulit

Walau bisa saling menggantikan tapi rasa dan aroma hidangan akan sedikit berbeda. Sebab masing-masing buah citrus memiliki karakteristik berbeda. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.