Kompas.com - 21/01/2022, 20:36 WIB

KOMPAS.com - Bahan baku untuk membuat adonan roti pada dasarnya yaitu tepung, telur, dan mentega. Namun, pembeda hasil roti yang dibuat terletak pada kualitas bahan yang digunakan.

Karakter roti yang kerap diincar oleh pembeli yaitu lembut ketiga digigit, berserat, dan rasanya legit.

Pemilik sekaligus pengelola toko roti Moro Bake Shop Dicky Pramono mengatakan kunci utama membuat roti yang lembut dan berserat seperti di Moro ada pada penggunaan kuning telur dan mentega yang relatif banyak.

"Kuncinya ada pada kuning telur dan mentega yang banyak. Kita tidak pakai putih telur," kata Dicky saat ditemui oleh Kompas.com di De Park, TMII pada Selasa (18/1/2022). 

Ia mengatakan kuning telur yang digunakan pada adonan membuat cita rasa roti yang dihasilkan akan terasa lembut dan legit.

Penggunaan kuning telur cenderung membuat bagian dalam roti menjadi kuning dan terkesan berisi.

Baca juga:

Ilustrasi Roti Sobek khas Moro Bake ShopDok. Moro Bake Shop Ilustrasi Roti Sobek khas Moro Bake Shop

"Setiap orang bisa bikin roti, tapi tergantung bahan kelas berapa yang digunakan," katanya.

Dicky mengatakan, salah satu karakteristik roti yang ada di Moro Bake Shop yaitu tidak menggunakan tambahan bahan pelembut dan pengembang. Sehingga roti yang dihasilkan cenderung berserat dan punya sedikit rongga. 

Roti yang menggunakan tambahan pengembang dan pelembut cenderung memiliki serat yang tipis dan berongga besar layaknya spons.

"Kalau pakai pengembang, adonan itu seperti ditiup, rongganya besar. Serta kalau pakai pelembut tambahan, seratnya jauh lebih tipis seperti kapas," katanya.

Menggunakan tambahan bahan tersebut akan berpengaruh kepada kualitas roti yang dihasilkan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.