Kompas.com - 21/01/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Pepes ikan bisa menjadi menu lauk spesial di rumah yang disukai banyak orang. Ada banyak pepes ikan di internet yang bisa kamu ikuti.

Misalnya saja, ada resep pepes ikan mas dan resep pepes ikan kembung dengan berbagai bumbu sedap. Bahan dan cara membuat pepes ikan cukup murah dan mudah ditemui.

Tertarik untuk memasak pepes ikan di rumah? Ikuti cara membuat pepes ikan yang harum dan bumbu meresap.

Rahasia membuat pepes ikan ini dilansir dari majalah Saji ED 380 April 2017 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama yang mudah diikuti siapa saja bahkan oleh pemula.

Baca juga:

Ilustrasi pepes ikan kembung bumbu merah tanpa daun pisang ala Sajian Sedap. DOK. SAJIAN SEDAP Ilustrasi pepes ikan kembung bumbu merah tanpa daun pisang ala Sajian Sedap.

1. Gunakan serai

Pada beberapa resep pepes ikan selalu menggunakan serai. Serai digunakan untuk memberikan aroma pada hidangan.

Selain itu, serai juga bisa berguna untuk mengalasi wajan agar ikan tidak cepat gosong dan dagingnya hancur saat dipanggang. Gunakan juga kacang panjang untuk mengalasi wajan.

2. Lumuri ikan dengan bumbu

Cara membuat pepes ikan yang selanjutnya adalah lumuri ikan secara menyeluruh dengan bumbu agar ikan tak perlu dibolak-balik.

Setelah itu, taruh dan tata ikan dengan bumbu di atas serai pada saat proses memasak ikan hingga matang.

Baca juga:

3. Gunakan api kecil

Salah satu cara membuat pepes ikan agar bumbu meresap adalah menuangkan air sedikit demi sedikit pada saat merebus ikan. Selain itu, gunakan api kecil ketika merebusnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.