Kompas.com - 21/01/2022, 08:04 WIB

KOMPAS.com - Roti merupakan salah satu sarapan yang dapat dikreasikan seperti diberi isian daging cincang maupun irisan sayur.

Adonan roti siap pakai menjadi jawaban jika kamu ingin membuat roti tetapi waktu memasak tidak banyak. Selain menyiapkan adonan roti siap pakai, siapkan juga isi roti sesuai seleramu.

Taste of Home mempunyai cara jitu membuat roti anti-ribet. Pada resep ini menggunakan bulk sausage yang bentuknya mirip dengan daging giling.

Kalau tidak menemukan bulk sausage, kamu bisa menggantinya dengan daging giling. Namun, bumbui dulu dengan garam dan lada.

Pasalnya, bulk sausage biasanya sudah diberi bumbu berbeda dengan daging giling yang tanpa bumbu.

Baca juga:

Resep roti gulung isi daging giling

Bahan roti gulung

  • 2 buah adonan roti siap pakai, berat masing-masing 450 gram
  • 230 gram sosis, iris
  • 230 gram daging giling
  • 200 gram jamur kancing, iris
  • 1/2 buah bawang bombai, cincang
  • 3 butir telur
  • 320 gram keju mozzarella parut
  • 1 sdt basil kering
  • 1 sdt butiran peterseli kering
  • 1 sdt rosemary kering, hancurkan
  • 1 sdt bawang putih bubuk

Baca juga:

Cara membuat roti gulung isi daging giling

  1. Keluarkan adonan roti dari kemasan. Letakkan masing-masing adonan di dalam satu wadah besar, tutup dengan kain bersih. Biarkan mengembang sampai dua kali lipat.
  2. Panaskan oven sampai suhu 177 derajat celsius.
  3. Siapkan wajan. Masak sosis, daging giling, jamur, dan bawang bombai dengan api sedang menuju tinggi sampai daging tidak lagi berwarna merah muda. Angkat dan sisihkan. Biarkan dingin.
  4. Kocok dua telur, keju, dan bumbu. Sisihkan.
  5. Giling masing-masing adonan roti sampai jadi persegi ukuran 41x31 sentimeter. Beri campuran daging di atas adonan roti, ratakan. Salah satu bagian pinggir tidak usah diberi daging. Gulung adonan. Lakukan dengan adonan roti satunya.
  6. Letakkan adonan di atas loyang yang sudah diolesi minyak.
  7. Pada wadah, kocok satu butir telur. Oleskan pada permukaan adonan.
  8. Panggang roti selama 25-30 menit sampai warnanya coklat keemasan. Keluarkan dari oven. Potong dan sajikan selagi hangat.

Tips: bungkus roti gulung menggunakan plastik zip lock. Simpan di dalam freezer. Kalau mau dimakan, panaskan roti pakai oven bersuhu 235 derajat celsius selama 10-15 menit.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.