Kompas.com - 20/01/2022, 20:11 WIB
Area hidangan di Warung Klangenan, angkringan modern di Yogyakarta. KOMPAS.com/ Lea LylianaArea hidangan di Warung Klangenan, angkringan modern di Yogyakarta.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Warung Klangenan merupakan salah satu angkringan modern yang ada di Yogyakarta.  Angkringan modern ini cukup terkenal di kalangan wisatawan maupun warga lokal.

Sebelum sepopuler sekarang, pemilik usaha Warung Klangenan, Thomas S Aribowo mengatakan bahwa usaha ini pun sempat sepi. 

Bahkan pada tahun pertama, Thomas sempat berpikir untuk menutup usahanya karena rugi.

"Saya pikir kenapa ya, saya sudah menyajikan tempat berbeda dengan lain, dari harga juga murah, kualitas juga kami berikan yang terbaik. Itu yang jadi masa kritis, ini mau diteruskan atau tidak ya, karena dari sisi bisnis enggak visible, rugi saya," kata Thomas kepada Kompas.com, Sabtu (15/01/2022).

Baca juga:

Setelah setahun berselang, Warung Klangenan mulai dikenal masyarakat. Pelanggan yang dulu datang kembali lagi ke Warung Klangenan. 

Hal tersebut lantas membuat Thomas kembali semangat menjalankan usahanya. 

Warung Klangenan bagian belakang, menuju area taman outdoor. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Warung Klangenan bagian belakang, menuju area taman outdoor.

Lebih jauh, Thomas menerangkan bahwa ia memiliki strategi khusus guna membuat usahanya berkembang dan dikenal. 

Pada tahun pertama, Thomas memantau sendiri penjualan di tempatnya.

Kemudian, satu cara khusus yang juga dilakukan Thomas supaya pelanggan kembali lagi, yakni dengan menyajikan banyak menu sekaligus. 

"Lalu untuk mengembangkan jenis makanan saya enggak terlalu, karena dari awal sudah saya sajikan semua. Jadi, supaya orang senang, tidak ada unsur taktik gitu jadi sudah saya sajikan semua," jelasnya. 

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.