Kompas.com - 20/01/2022, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Gorengan memang menjadi menu makan menyenangkan. Rasa kriuk saat menikmatinya menjadi sensasi makan tersendiri.

Beberapa orang mungkin pernah menemui minyak goreng berbuih pada saat menggoreng bahan makanan.

Melansir dari buku “Memasak Itu Ibadah: 40 Resep Kreatif & Lezat + 20 Tips Memasak Praktis” (2017) oleh Agus Sasirangan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada beberapa tips menggoreng makanan tanpa timbul buih yang bisa kamu simak.

Baca juga:

Minyak goreng masih bisa dipakai ulang jika Anda menyimpannya dengan cara yang benar.Unsplash/Ashwini Chaudhary Minyak goreng masih bisa dipakai ulang jika Anda menyimpannya dengan cara yang benar.

1. Panaskan minyak goreng

Cara menggoreng makanan tanpa timbul buih yang pertama adalah panaskan minyak goreng sebelum digunakan menggoreng bahan makanan.

Pastikan kamu memanaskan minyak goreng pada suhu yang tepat.

2. Gunakan minyak goreng baru

Tips menggoreng bahan makanan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak goreng baru. Hal ini bisa meminimalisir risiko minyak timbul buih.

Baca juga:

Ilustrasi minyak goreng. FREEPIK/USER3802032 Ilustrasi minyak goreng.

3. Gunakan minyak goreng dalam jumlah yang tepat

Rahasia menggoreng agar tidak timbul buih adalah menggunakan minyak goreng lebih banyak daripada bahan makanan yang akan diolah.

Kalau kamu menggunakan minyak goreng dengan jumlah sedikit dibandingkan bahan makanan, hal tersebut bisa menimbulkan buih pada minyaknya.

4. Hindari penggunaan kuning telur

Menggoreng bahan dengan lapisan kuning telur bisa membuat minyak timbul buih. Kuning telur bisa menyebabkan buih timbul pada minyak goreng.

Baca juga:

Buku “Memasak Itu Ibadah: 40 Resep Kreatif & Lezat + 20 Tips Memasak Praktis” (2017) oleh Agus Sasirangan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.