Kompas.com - 19/01/2022, 13:13 WIB
Ilustrasi kembang goyang. DOK.SHUTTERSTOCK/Aris SetyaIlustrasi kembang goyang.

KOMPAS.com - Kembang goyang terbuat dari campuran tepung beras, telur, dan santan.

Semua bahan dicampurkan hingga tidak ada yang bergerindil. Pastikan juga, adonan kembang goyang dikocok hingga mengembang.

Cara membuat kembang goyang terbilang mudah. Hanya saja, ada tantangan tersendiri saat membuatnya yaitu pada proses menggoreng adonan kue kembang goyang.

Pasalnya, adonan kembang goyang dibentuk dengan cetakan khusus. Beberapa orang sering kali menemui kesulitan saat mencetaknya di dalam minyak panas.

Kalau kamu juga pernah merasakan kesulitan terutama pada adonan kembang goyang yang lengket pada cetakan.

Baca juga:

Ada tips menggoreng kembang goyang agar tidak lengket di cetakan, melansir dari buku “Kue Tradisional Anti Gagal” (2013) oleh Siti Fatimah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dan “Saji ED 377” (2017) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Ilustrasi kembang goyang.DOK.SHUTTERSTOCK/Aris Setya Ilustrasi kembang goyang.

1. Panaskan cetakan kembang goyang

Siapkan wajan, tuang minyak dan panaskan. Setelah itu, panaskan cetakan kembang goyang agar adonan tidak menempel cukup tebal.

Celupkan cetakan ke dalam adonan. Pastikan adonan tidak memenuhi bibir atas cetakan. Hal ini bisa membuat adonan kue kembang goyang sulit dilepaskan dari cetakan pada saat menggoreng.

2. Cetakan kembang goyang tidak boleh menyentuh dasar wajan

Cara membuat kembang goyang selanjutnya adalah celupkan cetakan dengan adonan yang menempel ke dalam minyak panas. Pastikan adonan cetakan tidak menyentuh dasar wajan.

Baca juga:

3. Gunakan api sedang

Pastikan kamu selalu menggunakan api sedang pada proses menggoreng kue gemban goyang. Hal ini agar adonan matang merata dan tidak cepat gosong.

Ilustrasi kembang goyang. Dok. Shutterstock/Aris Setya Ilustrasi kembang goyang.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.