Kompas.com - 18/01/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Tanyguan merupakan makanan khas China yang biasanya disajikan saat Festival Lentera atau Cap Go Meh. Perayaan ini merupakan akhir rangkaian Imlek.

Bentuk tangyuan mirip dengan wedang ronde. Pasalnya, dulu orang China yang ke Indonesia turut serta membawa tangyuan. Kemudian disesuaikan dengan budaya makanan orang Indonesia.

Perbedaan tangyuan dengan ronde terletak pada kuahnya. Tangyuan merupakan simbol kebaikan yang direpresentasikan dengan rasa manis tangyuan.

Kuah tangyuan pun manis dan hangat, berbeda dengan wedang ronde yang rasanya pedas karena menggunakan jahe.

Penasaran bagaimana rasa tangyuan? Coba bikin sendiri mengikuti resep dari Serious Eats berikut.

Baca juga:

Resep tangyuan

Bahan kulit (30 butir)

  • 180 gram tepung beras ketan putih
  • 2 sdm tepung beras atau tapioka
  • 230 ml air hangat suhu 40 derajat celsius

Bahan isi

  • 2 sdm biji wijen panggang, kacang tanah, almond, atau mete
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm minyak kelapa

Baca juga:

Cara membuat tangyuan

  1. Isi: masukkan biji wijen atau kacang ke dalam blender atau ulekan. Haluskan tetapi jangan sampai menjadi bubuk. Cukup sampai hancur rata saja. 
  2. Siapkan panci, tuang minyak kelapa. Angkat. Campur dengan kacang. Simpan di dalam kulkas atau freezer beberapa menit sebelum digunakan.
  3. Kulit: campur tepung beras ketan dan tepung beras, tuang air. Aduk rata sampai lembut dan tidak lengket. Bagi adonan menjadi dua.
  4. Taburi meja bersih atau permukaan datar dengan tepung beras. Giling masing-masing adonan menjadi bundar dengen ketebalan 4,5 sentimeter. Potong adonan dengan lebar sekitar 3 sentimeter.
  5. Ambil satu lembar kulit, beri isi. Jangan sampai kepenuhan. Bentuk bulat. Letakkan di atas wadah yang sudah ditaburi tepung. 
  6. Siapkan panci, isi dengan air. Rebus sampai mendidih. Masukkan tangyuan dan aduk perlahan agar tidak menempel pada dasar panci. Masak dengan api kecil selama 15 menit.
  7. Pastikan air tidak sampai mendidih karena bisa mengakibatkan kulit tangyuan hancur. Angkat jika tangyuan sudah transparan. Sajikan di dalam mangkuk bersama kuahnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.