Kompas.com - 18/01/2022, 08:07 WIB
Ilustrasi pastel tutup panggang. SHUTTERSTOCK/ Dani RizaIlustrasi pastel tutup panggang.

KOMPAS.com - Pastel tutup merupakan sajian dari olahan kentang yang ditumbuk halus kemudian disuguhkan dengan beragam isi.

Isian pastel tutup biasanya dari bihun, daging sapi giling, daging ayam potong dadu, jamur kuping, hingga aneka sayuran lainnya.

Kalau kamu sedang ingin membuat pastel tutup panggang di rumah. Kamu perlu mengetahui beberapa tips membuatnya agar hasilnya tidak berujung gagal.

Ikuti cara membuat pastel tutup seperti yang disarankan oleh Ester Megawati Setiawan selaku pemilik usaha Pastel tutup PREMIUM Esterculinary di Surabaya berikut ini.

Baca juga: Resep Pastel Tutup Kuah Susu yang Creamy dan Kulitnya Lembut

1. Cara masak kentang untuk pastel tutup

Seperti namanya, pastel tutup disajikan dengan adonan kulit yang menutupi isiannya. Adonan ini terbuat dari kentang yang ditumbuk halus.

Menurut Ester, kentang bisa dimasak dengan cara direbus atau dikukus untuk pastel tutup panggang atau kukus.

“Kentang bisa dimasak dengan dua cara. Caranya adalah dikukus atau direbus, itu terserah mau dimasak seperti apa. Setelah itu, kentang yang sudah diolah ditumbuk hingga halus.” Ujar Ester kepada Kompas.com pada Jumat (14/01/2022).

Menambahkan dari buku “Pastel Tutup” oleh Dewi Priyatni L. terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, potong kentang menjadi beberapa bagian saat merebusnya agar kentang cepat matang.

Baca juga: Resep Pastel Tutup Sayuran, Pastel Panggang Tanpa Kulit

Ilustrasi pastel tutup. SHUTTERSTOCK/PAWONIKE GALLERY Ilustrasi pastel tutup.

2. Masak isian pastel tutup dengan susu

Cara membuat pastel tutup enak adalah memasak isiannya dengan susu.

“Kalau pakai resep pastel tutup klasik atau yang dari Belanda itu memang isiannya dimasak pakai susu. Makanya hasilnya lebih creamy.” jelasnya.

Baca juga: Resep Pastel Tutup Klasik untuk Sajian Keluarga

3. Bahan olesan pastel tutup

Tips membuat pastel tutup agar tidak kering adalah beri olesan. Olesan untuk pastel tutup juga bisa membuat tampilannya lebih menarik karena berwarna kuning kecoklatan.

“Untuk olesannya bisa pakai campuran mentega dan kuning telur di atas kulit pastel tutup, persis seperti cara memanggang roti.” tutur Ester.

Baca juga: Resep Pastel Tutup Mi, Pakai Saus Keju yang Creamy

Buku “Pastel Tutup” oleh Dewi Priyatni L. terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.