Kompas.com - 16/01/2022, 13:04 WIB
Ilustrasi cabai rawit. SHUTTERSTOCK/ADIE.FOODTOGRAPHYIlustrasi cabai rawit.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Cabai dapat digoreng untuk membuat sambal atau bumbu lainnya. Cara menggoreng cabai sebetulnya mudah. 

Namun jika dipanaskan cabai bisa meletus karena suhu udara di dalamnya akan menekan kulitnya. Di samping itu, air bekas cucian yang tidak dikeringkan pun dapat membuat cabai meletus.

Tak perlu khawatir, hal tersebut bisa diatasi dengan cara sederhana. 

Baca juga:

Berikut cara menggoreng cabai agar tidak meletus melansir "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2012) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher.

Ilustrasi cabai merah potong memanjang. SHUTTERSTOCK/JOE GOUGH Ilustrasi cabai merah potong memanjang.

1. Keringkan airnya 

Sebelum digoreng, cabai yang telah dicuci sebaiknya dikeringkan dulu menggunakan tisu atau lap kering. Cara ini dapat mengurangi letupan minyak saat cabai digoreng. 

2. Buat lubang 

Cara menggoreng agar tidak meletus bisa dengan melubangi kulitnya dengan mengiris, memotong, atau menguntingnya.

Baca juga:

Metode sederhana ini dapat membuat udara di dalamnya keluar tanpa harus menekan kulitnya. Jadi, saat digoreng cabai tidak akan meletus.

Ilustrasi sambal mercon terbuat dari puluhan cabai rawit merah. SHUTTERSTOCK/IZZ HAZEL Ilustrasi sambal mercon terbuat dari puluhan cabai rawit merah.

3. Pakai sedikit minyak 

Saat menggoreng cabai sebaiknya minyaknya jangan terlalu banyak agar tidak meletus dan muncrat. Selain itu pastikan pula memakai api kecil supaya suhu minyaknya tidak terlalu tinggi. 

Baca juga: 8 Bahan Makanan Pengganti Cabai yang Terkenal Pedas

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2012) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.