Kompas.com - 16/01/2022, 07:11 WIB
Ilustrasi ikan salmon sebagai salah satu makanan yang bisa membantu dalam meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah. Unsplash/David B TownsendIlustrasi ikan salmon sebagai salah satu makanan yang bisa membantu dalam meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah.

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat olahan ikan salmon, salah satunya yaitu menggunakan teknik kukusan.

Selain sehat, olahan salmon kukus juga enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Menu ini cocok dijadikan sebagai santapan makan siang saat akhir pekan.

Apabila kamu ingin mencoba membuatnya, simak resep telur isi salmon  dari buku "50 Resep Sehat Makanan Lezat Serba Kukus" (2013) karya Tuti Soenardi yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama:

Baca juga:

Resep telur salmon kukus

Bahan:

  • 3 butir telur rebus
  • 200 gram fillet ikan salmon, kukus
  • 1 sendok makan seledri cincang
  • 1 sendok makan bawang bombai cincang
  • 1 sendok teh bawang putih cincang
  • 1 sendok teh mentega 
  • 1 sendok teh air jeruk lemon

Cara membuat telur isi salmon kukus:

1. Potong telur menjadi dua bagian sama besar, pisahkan kuning dan putih telur, lalu sisihkan.

2. Panaskan mentega di atas wajan menggunakan api sedang, kemudian masukkan bawang bombai, bawang putih, dan seledri, tumis semua bahan sampai harum.

3. Masukkan daging ikan salmon dan kuning telur ke dalam wajan, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan garam, merica, dan pala halus, jangan lupa koreksi rasa masakan.

4. Setelah dirasa matang, matikan api kompor dan tunggu sampai campuran salmon tidak terlalu panas. 

5. Bentuk campuran salmon menjadi bulatan kecil, kemudian tempatkan di dalam putih telur. Lakukan sampai semua putih telur terisi salmon.

6. Telur isi salmon siap disantap, sajikan dengan cocolan saus sambal agar lebih nikmat.

Buku "50 Resep Sehat Makanan Lezat Serba Kukus" (2013) karya Tuti Soenardi yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli di Gramedia.com.

Baca juga:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.