Kompas.com - 08/01/2022, 17:27 WIB
Santan memiliki plus minus bagi kesehatan tubuh kita. Unsplash/Tijana DrndarskiSantan memiliki plus minus bagi kesehatan tubuh kita.

KOMPAS.com - Salah satu kunci utama dalam membuat rendang enak ada pada kualitas santan yang digunakan.

Meskipun menggunakan daging premium dan rempah-rempah segar, namun jika santan yang digunakan tidak tepat, maka bisa merusak hasil akhir rendang.

Oleh karena itu sebelum memasak rendang, ketahui terlebih dahulu jenis santan yang sebaiknya digunakan.

Saat ini banyak ditemui berbagai jenis santan untuk memasak, seperti santan instan, santan campuran yang diproses di penggilingan, dan santan yang diolah sendiri di rumah. 

Baca juga:

Koki asli dari Minangkabau Adzan Budiman mengatakan, untuk membuat rendang sebaiknya menggunakan santan dari kelapa yang sudah tua.

"Kalau orang tua di kampung bilang, yang pasti itu santan dari kelapa tua dan teksturnya kental," katanya saat dihubungi oleh Kompas.com pada Rabu (5/1/2022).

Baca juga:

Ilustrasi kelapa parut. FREEPIK/STOCKKING Ilustrasi kelapa parut.

Proses untuk mendapatkan santan yang bagus untuk rendang, juga sebaiknya diperas secara tradisional.

Meskipun santan kental dapat dipesan di tempat penggilingan santan, namun cita rasa yang dihasilkan akan berbeda dari hasil peras tangan dan mesin.

Ia menambahkan, saat memeras sari santan untuk rendang, lebih baik menggunakan perasan pertama saat kelapa belum tercampur dengan air. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.