Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Sajian Spesial dari Es Murni Magelang, Favorit Pelanggan

Kompas.com - 30/12/2021, 22:14 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Kota Magelang punya banyak kuliner legendaris yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah Es Murni Magelang. 

Rumah makan ini sudah ada sejak 1962. Sajian yang dihidangkan cukup beragam, mulai dari es campur hingga makanan khas Indonesia seperti bakso dan batagor. 

Kompas.com berkesempatan mencoba beberapa menu dari Es Murni Magelang. Menu yang dihidangkan ada bakso lombok ulek, batagor, es teler durian, serta es kacang hijau kelapa muda. 

Baca juga:

Menurut Emmawati Surjanto, pemilik usaha Es Murni Magelang keempat menu tersebut adalah best seller atau andalan di rumah makannya. Banyak pelanggan baru maupun lama yang kerap memesannya. 

Ilustrasi Es Murni Magelang, salah satu tempat makan legendaris di Kota Magelang. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi Es Murni Magelang, salah satu tempat makan legendaris di Kota Magelang.

 

Sebagai pecinta durian, Kompas.com menyukai es teler dari rumah makan ini.

Menurut Kompas.com daging durian di Es Murni Magelang lebih banyak daripada depot es lain yang pernah saya coba. Terlebih rasa manisnya pun pas, jadi tidak bikin eneg. 

Dalam satu mangkuk es durian ini terdapat tape ketan hijau yang segar, agar-agar, alpukat, serta daging kelapa muda yang menyegarkan. 

Baca juga:

Berikutnya, es kacang hijau kelapa muda. Jika dibandingkan dengan es teler durian, rasa es campur ini lebih manis. Namun manisnya berbeda, lebih dominan manis sirup gula merah yang legit. 

Jika es teler duriannya masih ada sensasi rasa creamy-nya, es kacang hijau ini tidak demikian. Karena terdapat bubur kacang hijau di dalamnya rasanya justru terasa lebih 'berat'. 

Dari segi porsi, es kacang hijau kelapa mudanya pun terasa lebih banyak. Bahkan Kompas.com tidak dapat menghabiskannya. 

Ilustrasi es teler durian dari Es Murni Magelang.KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi es teler durian dari Es Murni Magelang.

Lanjut ke makanannya, yaitu bakso lombok ulek dan batagor.

Sebagai gambaran, bakso lombok ulek adalah bakso khas Temanggung yang berisi bakso sapi, tahu, ketupat, kemudian dihidangkan dengan kuah bakso bercita rasa gurih.

Keunikannya, penyajian bakso ini ditambahkan dengan lombok atau cabai hijau sehingga rasanya pedas meski tidak ditambahkan sambal. 

Baca juga:

Kalau suka pedas, agaknya menu ini dapat menjadi pilihan. Walau menurut Kompas.com rasanya tidak terlalu pedas tapi pas dinikmati bersama es campur yang segar dan manis. 

Terakhir yaitu batagor. Hidangan ini agaknya wajib masuk ke dalam salah satu lis yang wajib dipesan jika kamu berkunjung ke Es Murni Magelang. 

Tekstur isiannya batagornya yang renyah dan isinya pun komplet. Ada tahu goreng maupun pangsitnya. 

Ilustrasi batagor dari Es Murni Magelang. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi batagor dari Es Murni Magelang.

Untuk sambal kacangnya sendiri, menurut Kompas.com rasanya cenderung gurih dan sedikit pedas. Jika suka sambal kacang barangkali kamu akan puas karena siramannya cukup banyak.

Buatmu yang ingin menikmati sajian di Es Murni Magelang ini sepertinya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 15.000. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa mencicipi salah satu menu makanan maupun es campurnya. 

Jika ingin mencoba silakan mampir ke Es Murni Magelang yang ada di Jalan Sriwijaya Nomor 28, Panjang, Magelang Tengah, Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Jam operasionalnya setiap hari pukul 09.00-17.30 WIB. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com