Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Sukses Es Murni Magelang, Eksis Selama 60 Tahun

Kompas.com - 30/12/2021, 21:13 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Es Murni Magelang merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Magelang. Tempat makan ini sudah ada sejak 1962.

Walau sudah berjalan sekitar 60 tahun tapi depot es ini tak pernah sepi pembeli. Pengunjungnya pun tak hanya orang Magelang tapi juga wisatawan dari luar kota, seperti Jakarta dan Surabaya. 

Emma, pemilik usaha Es Murni Magelang menjelaskan bahwa sebetulnya cukup sulit menjaga keeksisan usahanya. Terlebih saat ini juga banyak depot es kekinian. 

Baca juga:

Ilustrasi suasana di Es Murni Magelang. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi suasana di Es Murni Magelang.

Namun berkat beberapa usaha, Es Murni Magelang justru makin dikenal masyarakat. Emmawati Surjanto menuturkan bahwa pelanggannya dulu pun masih sering datang hingga sekarang.

"Pelanggan itu sering cerita dulu saya ke sini zaman kecil dibawa ayah saya, terus sekarang ke sini lagi bawa anaknya," tutur Emma kepada Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

Lantas, apa rahasia sukses Es Murni Magelang hingga bisa bertahan selama 60 tahun? Berikut uraiannya.

1. Memakai resep sirup yang sama 

Salah satu rahasia sukses Es Murni Magelang yakni menjaga kualitasnya agar tetap sama. Untuk melakukannya, Emma dan keluarganya terjun langsung dalam pembuatan sirupnya. 

Baca juga:

Lebih daripada itu, sirupnya pun memakai resep yang digunakan oleh orang tuanya dulu. Jadi, rasanya tetap sama dan tidak berubah.

"Walau papa sama mama sudah enggak ada, tapi sirup rahasianya kan masih dipegang. Karena es itu rahasianya di sirup. Kalau yang lain kan semua ada," ujar Emma. 

Ilustrasi es teler durian dari Es Murni Magelang.KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi es teler durian dari Es Murni Magelang.

2. Mengembangkan menu 

Mulanya Es Murni Magelang hanya menyajikan beberapa menu es campur. Namun seiring berjalannya waktu varian es campurnya pun semakin berkembang.

Jika dulu hanya es, kini Es Murni Magelang juga memiliki beberapa menu makanan, seperti bakso lombok ulek dan batagor. 

Kemudian ada pula camilan, jajan tradisional, dan kue kering yang bisa kamu pesan atau nikmati bersama es campurnya. 

Baca juga:

3. Memanfaatkan media sosial

Ilustrasri Es Murni Magelang, salah satu tempat makan legendaris di Kota Magelang, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasri Es Murni Magelang, salah satu tempat makan legendaris di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Guna memperluas jaringan dan menjaga eksistensi usahanya, Emma juga memanfaatkan media sosial untuk ajang promosi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com