Kompas.com - 27/12/2021, 20:11 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Indonesia punya banyak sajian es yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah es pleret. 

Es pleret populer di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Magelang. Selain Magelang, es pleret dapat ditemukan dengan mudah di Blitar, Solo, maupun Semarang. 

Namun di Solo dan Semarang, es pleret ini lebih dikenal dengan nama es gempol pleret. Lantas, sebetulnya apa itu es pleret? Berikut penjelasan ringkasnya. 

Baca juga:

Apa itu es pleret?

Menurut penuturan Ratna, karyawan Depot Es Semanggi di Magelang pleret adalah sajian berwarna putih yang terbuat dari tepung beras. 

Sajian ini mirip seperti gempol tapi permukaannya lebih lembut dan bentuknya pipih. 

"Pleret itu dari tepung beras, mirip kayak gempol itu. Cuma kalau gempol itu kan teksturnya kasar, kalau pleret itu kan halus to," ujar Ratna kepada Kompas.com, Jumat (24/12/2021). 

Ilustrasi es cokelat pleret dari Depot Es Semanggi. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi es cokelat pleret dari Depot Es Semanggi.

Dalam penyajiannya, pleret dihidangkan dengan sirup frambos berwarna merah lalu diberi tambahan santan cair dan es batu. 

Kendati demikian penyajian pleret juga bisa dikreasikan dengan sirup atau pemanis lainnya, misalnya sirup gula merah atau cokelat susu. 

Baca juga:

Di Depot Es Semanggi sendiri, pleret dikreasikan dengan sirup frambos susu, cokelat susu, serta tapai dengan tambahan sirup nanas.

"Terus nanti kalau di sini kan bisa pleret biasa. Kalau biasa pakai sirup frambos yang merah itu, kalau susu pleret pakai yang pink itu. Kalau cokelat pakainya cokelat. Itu cuma dikasih es batu sama santan, sudah," tutur Ratna. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.