Kompas.com - 18/12/2021, 13:14 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Selain dipanggang, beberapa jenis roti juga dapat dikukus. Rata-rata roti kukus memiliki tekstur yang lembut dan berserat. 

Namun, jika cara mengukusnya keliru, roti menjadi bantat dan kempis saat matang.  

Berikut ini ada cara mengukus roti dari "21 Resep Cake & Roti Kukus Istimewa" oleh Redaksi Sajisedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama yang bisa diikuti.

Praktikkan cara ini untuk membuat roti kukus, bakpao, dan bolu.

Baca juga:

1. Perhatikan ukuran panci 

Ukuran panci dapat memengaruhi hasil kukusannya. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan panci yang sesuai agar roti tidak bantat. 

Jika cetakan yang digunakan besar, sebaiknya gunakan pengukus yang besar pula. Hal ini perlu dilakukan agar lubangnya tidak tertutup semua, jadi uap airnya bisa keluar masuk. 

Metode kukus bisa menjadi alternatif memasak tanpa minyak goreng.SHUTTERSTOCK/ Aleksandr Mokhnachev Metode kukus bisa menjadi alternatif memasak tanpa minyak goreng.

2. Amati lubang kukusannya

Selain dari besar kukusan, kamu juga perlu memerhatikan lubangnya. Lubang pengukus yang besar cocok untuk membuat kue mangkuk atau bolu kukus mekar. 

Sementara itu, jika lubang kukusannya kecil, lebih baik gunakan untuk mengukus kue kukus biasa, misalnya cake pisang. 

Baca juga:

3. Besar api 

Penting untuk memperhatikan penggunaan apinya agar kue tidak bantat. Jika kamu ingin membuat kue yang mekar seperti bolu kukus, sebaiknya gunakan api besar. 

Namun, jika kue yang kamu buat tak perlu terlalu mekar, cukup gunakan api sedang. Contoh hidangan yang tidak perlu api besar yaitu bolu pisang dan roti kukus. 

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.