Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2021, 13:40 WIB
Inang Sh ,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Susu kental manis adalah susu sapi yang sebagian airnya dihilangkan sehingga mengental dan menghasilkan tekstur susu yang menjadi krim lembut.

Penambahan gula bertujuan sebagai pengawet alami untuk memberikan daya tahan produk untuk jangka waktu tertentu.

Rasanya yang manis dan nikmat membuat susu kental manis sangat digemari semua lapisan masyarakat Indonesia, termasuk memperkaya ragam kuliner Tanah Air.

Susu kental manis biasanya dipakai sebagai topping atau bahan taburan untuk menu sarapan, seperti smoothie, bubur kacang hijau, hingga panekuk.

Lebih dari itu, susu kental manis juga digunakan sebagai pendamping kudapan, seperti martabak manis, kopi susu gula aren kental manis, sus isi vla kental manis, puding susu, hingga pai susu taburan kacang. 

Kandungan dan manfaat susu kental manis

Di balik nikmatnya susu kental manis, terdapat berbagai macam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Sebagai contoh, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold mengandung zat gizi makro, yakni protein, karbohidrat, dan lemak.

Dikutip dari frisianflag.com, susu kental manis memiliki zat gizi mikro yang mengandung multivitamin, yakni vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6 dan B12, dan multimineral, yaitu kalsium dan fosfor.

Baca juga: Pelaku UMKM Ikut Program Kedai Kreatif Susu Kental Manis, Ini Manfaatnya

Konsumsi susu kental manis setiap hari sesuai kebutuhan lalu dipadukan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur pun bisa menjadi pendukung kebutuhan gizi keluarga.

Perlu diketahui, susu kental manis dapat dikonsumsi sesuai kebutuhan untuk segala usia, kecuali bayi usia 0-12 bulan.

Padukan manfaat susu dengan gaya hidup aktif 

Selain mengandung gizi makro dan mikro, susu kental manis pun cocok dijadikan sebagai pendukung gaya hidup aktif yang membutuhkan asupan energi. 

Seperti diketahui, kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin, usia, dan aktivitas yang dilakukannya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 menganjurkan masyarakat untuk memenuhi kecukupan energi sebesar 2.100  kkal per hari.

Baca juga: Susu Kental Manis di 3 Sarapan Praktis Penunjang Hidup Aktif

Adapun Susu Kental Manis Frisian Flag Gold mengandung energi sebanyak 140 kkal per sasetnya yang dapat mendukung salah satu asupan energi harian dan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com