Kompas.com - 09/12/2021, 20:02 WIB
ilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak. SHUTTERSTOCK/grandbrothersilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak.

KOMPAS - Air fryer adalah alat masak kekinian yang memungkinkan penggunanya dapat menggoreng makanan dengan sedikit minyak. Sebab, air fryer menggunakan listrik sebagai sumber energi panas. 

Sama halnya dengan oven, sebelum memasukkan bahan makanan, air fryer sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil makanan yang lebih renyah

Akan tetapi, kebanyakan pengguna air fryer masih bingung mengenai bagaimana dan kapan air fryer dipanaskan. Hal ini karena tidak semua air fyer punya spesifikasi yang sama.

Laman Insider menjelaskan perihal apakah air fryer harus dipanaskan terlebih dahulu, dan bagaimana cara memanaskan air fryer agar mendapatkan makanan yang renyah merata.

Baca juga:

Sebelum memanaskan air fryer, pastikan semua bagian alat yang dapat dilepas, seperti keranjang sudah bersih dan kering sebelum dimasukkan ke dalam air fryer.

Panaskan mesin secara otomatis sesuai instruksi buku panduan. Namun jika tidak ada instruksi khusus, kamu dapat memanaskan air fryer secara manual.

Wakil presiden senior pengembangan produk di Shark Ninja, Purvin Shah merekomendasikan waktu pemanasan awal selama tiga menit, khusus untuk air fryer berukuran sedang pada umumnya.

Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar, dapat memanaskan air fryer di awal selama lima menit.

Setelah mesin dipanaskan di awal, masukan makanan yang akan dimasak. Kamu harus hati-hati saat menaruh bahan makanan, karena keadaan air fryer sudah panas. 

Masak makanan sesuai resep yang kamu ikuti. Menggoreng dengan cara memanaskan air fryer terlebih dahulu akan membuat masakanmu garing merata. 

Baca juga:

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Insider
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.