Kompas.com - 05/12/2021, 17:37 WIB
Ilustrasi tom yum ShutterstockIlustrasi tom yum

KOMPAS.com - Tom yum goong atau tom yam merupakan salah satu kuliner Thailand yang terkenal.

Melansir Rappler, nama tom yam berasal  dari kata "tom" yang berarti mendidih dan "yum" yang berarti sayuran. Sehingga tom yum artinya sayuran rebus.

Sekilas, tom yam nampak sama dengan semangkuk kuah kari. Namun, bumbu yang digunakan tidak sama.

Ciri khas tom yam ialah masakan berkuah ini dihidangkan panas dan rasanya asam segar karena penggunaan sejumlah bumbu.

Bumbu utama tom yam adalah serai, lengkuas, daun jeruk purut, dan air perasan jeruk nipis. Bumbu tersebut juga digunakan pada beberapa masakan khas Thailand lainnya.

Baca juga:

Tum YumDok.Pexels/Nine Tum Yum

Biasanya tom yam disajikan sebagai hidangan pembuka. Terdapat berbagai versi hidangan tom yam seperti tom yum gai (campuran ayam) dan tom yum talay (campuran makanan laut).

Kuah tom yam ada yang bening dan pekat. Bumbu utama keduanya sama tetapi tom yam kuah pekat ditambahkan susu evaporasi atau santan.

Tom yam dianggap sebagai makanan pokok di hampir setiap rumah di Thailand. Tidak memandang status, hampir semua kalangan memasak tom yam sebagai makanan sehari-hari.

Bahan yang digunakan untuk memasak tom yam sangat mudah ditemukan. Beberapa di antaranya adalah udang, tomat, jamur, dan daun ketumbar.

Selain bahan tom yam mudah ditemukan, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memasak tom yam.

Sekilas sejarah tom yam

Menurut Thai Enquirer, banyaknya udang di Sungai Chao Phraya dipercaya sebagai awal mula terciptanya tom yam.

Orang yang tinggal di sekitar Sungai Chao Phraya menggunakan udang air tawar sebagai bahan utama sop. Dari sinilah tom yum goong diduga berasal dari Thailand Tengah.

Terdapat catatan tertulis resep tom yam pertama yang berasal dari 1888 dengan judul "Snakehead Fish Tom Yum". Tidak tertulis mengenai udang sebagai bahan utama tom yam pada resep tersebut.

Namun, penyebutan pertama udang dalam sup tom yam ditemukan dalam kamus makanan dari 1897. Kamus tersebut ditulis oleh seorang misionaris dari Amerika dalam resep berjudul "Tom Yum Goong with Additional Garnish".

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.