Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 15:53 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menggunakan air fryer sebagai alat untuk memasak haruslah diperhatikan kebersihannya.

Selain agar kualitas makanan tetap baik, membersihkan air fryer secara teratur juga dapat menjaga alat berfungsi dengan baik.

Melansir Eating Well, ahli pembersih dapur dan oven di Fantastic Service Cyrus Bedwyr mengatakan, sisa makanan dapat menempel di tempat yang tidak seharusnya jika air fryer tidak dibersihkan setelah digunakan. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas kerja air fryer.

Seorang profesional bersertifikat keamanan pangan dan ilmuwan makanan untuk State Food Safety Janilyn Hutchings juga mengatakan, sisa makanan akan menumpuk dan mencemari makanan yang dimasak jika air fryer tidak dibersihkan secara teratur.

Kondisi air fryer yang kotor akan membuat pemanas mesin bekerja lebih lambat. Selain itu juga membutuhkan lebih banyak energi untuk bekerja.

Penting untuk diketahui seberapa sering kamu harus membersihkan air fryer. Jika kamu masih bingung, simak waktu yang tepat untuk membersihkan air fryer berikut.

Baca juga:

ilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak. SHUTTERSTOCK/grandbrothers ilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak.

Bersihkan setiap kali selesai digunakan

Sama halnya dengan peralatan masak di dapur, air fryer harus dibersihkan setelah menggunakannya. Apalagi untuk komponen yang bersentuhan langsung dengan makanan.

Mengutip The Spruce, bagian air fryer yang harus langsung kamu bersihkan adalah keranjang, nampan, dan wajan. Bagian dalam air fryer juga harus diperhatikan untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

Membersihkan air fryer setiap selesai digunakan bertujuan untuk menghindari makanan agar tidak cepat hangus karena penumpukan kotoran.

Selain komponen bagian dalam, kamu juga perlu membersihkan bagian luar air fryer. Bedanya, kamu tidak perlu membersihkannya setiap kali pemakaian. 

Cara kerja air fryer yang membutuhkan sedikit minyak membuat bagian luar air fryer tidak terlalu kotor. Kamu tidak perlu membersihkan bagian luar air fryer dengan air, cukup dilap menggunakan kain agar tetap bersih.

Baca juga: 6 Cara Goreng Ayam Pakai Air Fryer, Tiap Bagian Beda Durasi Masak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com