Kompas.com - 05/12/2021, 13:18 WIB
Selain telur, makanan kaya vitamin B yang dapat menjadi makanan penambah daya ingat termasuk ayam, ikan, sayuran berdaun hijau, dan susu. FREEPIK/TIMOLINASelain telur, makanan kaya vitamin B yang dapat menjadi makanan penambah daya ingat termasuk ayam, ikan, sayuran berdaun hijau, dan susu.

KOMPAS.com -  Air fryer tidak hanya bisa digunakan untuk menggoreng melainkan juga merebus. Salah satunya yaitu merebus telur.

Cara merebus telur menggunakan air fryer tidaklah sulit. Namun, kamu harus memperhatikan berapa lama waktu memasak telur supaya tingkat kematangannya sesuai keinginan.

Menurut Healthline kalau suka soft-boiled egg atau telur rebus setengah matang, masak telur sekitar tujuh menit. Masak telur selama lebih kurang 10 menit jika suka telur matang tetapi kuningnya agak lembut.

 

Sementara apabila lebih suka telur rebus matang sempurna, masak telur selama setidaknya 12 menit.

Mengutip Foodnetwork dan Taste of Home, berikut cara memasak telur rebus di dalam air fryer.

Baca juga:

Cara memasak telur pakai air fryer

  1. Panaskan air fryer dengan suhu 132-135 derajat celsius. 
  2. Masukkan telur ke dalam air fryer, masak telur sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.
  3. Keluarkan telur dari dalam air fryer, dan rendam di dalam air dingin. Kupas saat cukup dingin.

Tips merebus telur pakai air fryer

Cara paling aman untuk mengeluarkan telur panas dari air fryer adalah menggunakan penjepit berlapis silikon dengan pegangan panjang.

Lapisan silikon akan menahan telur tanpa terpeleset, sedangkan pegangan panjang akan menjaga tangan dari panasnya basket air fryer.

Alternatifnya, letakkan telur di rak kawat di dalam air fryer. Kemudian keluarkan rak setelah telur matang, pastikan kamu memakai satung tangan oven agar terhindar dari panas.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.