Kompas.com - 03/12/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi pisang raja untuk hantaran pernikahan Jawa, biasa disebut dengan pisang sanggan. SHUTTERSTOCK/ Widya AmrinIlustrasi pisang raja untuk hantaran pernikahan Jawa, biasa disebut dengan pisang sanggan.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Selain kue tradisional, buah-buahan juga wajib dibawa untuk hantaran pernikahan. Salah satu jenis buah yang harus dibawa yaitu pisang raja. 

Pisang raja dalam hantaran pernikahan memiliki filosofi khusus. Tak hanya pada hantaran tapi tarub atau ornamen dekorasi di samping kursi mempelai pun menyematkan pisang raja untuk hiasannya. 

Baca juga:

Murdijati Gardjito atau akrab disapa Bu Mur, guru besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gajah Mada menjelaskan bahwa makanan hantaran pernikahan pada dasaranya adalah kudapan yang manis dan lengket.

Itulah sebabnya pisang raja umum digunakan sebagai hantaran pernikahan. Sebab jika dibandingkan dengan jenis pisang lainnya rasa pisang raja adalah yang termanis. 

"Pisang raja itu rasanya paling manis, karena kandungan gulanya paling tinggi kalau dikupas secara keilmuan," jelas Mur kepada Kompas.com, Rabu (01/12/2021).

Ilustrasi pisang raja sanggan. SHUTTERSTOCK/ kalilipatvideoart Ilustrasi pisang raja sanggan.

Di samping itu, pisang raja juga merupakan simbol dari kebesaran dan harapan yang baik. Oleh karenanya, hantaran pernikahan Jawa wajib menggunakan pisang raja.

"Jadi orang mengirim pisang raja itu untuk keperluan yang membutuhkan simbol kebesaran, kemanisan, kebahagiaan, dan harapan yang baik," tambah Mur. 

Baca juga:

Pengemasan pisang raja untuk hantaran dan filosofinya

Penggunaan pisang raja untuk hantaran jika bisa asal-asalan. Baik dari pengemasan maupun jumlahnya pun harus diperhitungkan. 

Menurut Mur pisang raja yang digunakan untuk hantaran harus setangkep atau sesisir. Sebab hal tersebut merupakan perwujudan dari pengharapan kepada Tuhan. 

"Lalu pisang rajanya itu mesti setangkep. Setengkep itu seperti tangan yang menengadah ke atas, nah itu mengharapkan anugrah Tuhan untuk semua harapan baik yang ditunggu-tunggu. Itu diharapkan datang dari Tuhan yang Maha Esa," tutur Mur. 

Ilustrasi pisang raja untuk hantaran atau disebut pisang sanggan. SHUTTERSTOCK/ Widya Amrin Ilustrasi pisang raja untuk hantaran atau disebut pisang sanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.