Kompas.com - 02/12/2021, 22:02 WIB
Ilustrasi jadah dan wajik untuk hantaran pernikahan. SHUTTERSTOCK/ M. Rinandar TasyaIlustrasi jadah dan wajik untuk hantaran pernikahan.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ada satu hal yang wajib dibawa saat acara lamaran dan pernikahan Jawa, yaitu makanan hantaran. 

Jenis makanan yang dibawa untuk hantaran cukup beragam, rata-rata adalah kue tradisional.

Kendati demikian sebetunya hanya ada empat komponen penting yang perlu dibawa untuk hantaran. Sisanya adalah pelengkap saja. 

Baca juga:

Ilustrasi wajik berbentuk hati untuk hantaran pernikahan. SHUTTERSTOCK/ByRazifNasir Ilustrasi wajik berbentuk hati untuk hantaran pernikahan.

Murdijati Gardjito atau akrab disapa Bu Mur, guru besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gajah Mada kepada Kompas.com mengatakan bahwa pada dasarnya makanan yang dibawa untuk hantaran pernikahan yakni terbuat dari ketan dan atau rasanya manis.

"Jadi dua kata kunci dalam makanan hantaran itu pasti lekat dan pasti manis," terang Mur kepada Kompas.com, Rabu (01/12/2021). 

Filosofi kue tradisional untuk hantaran

Pemilihan kue tradisional yang digunakan untuk hantaran bukanlah tanpa alasan, melainkan ada filosofi khusus.

Menurut Mur kue tradisional ini merupakan bentuk dari doa dan harapan mempelai agar dapat hidup bahagia. 

"Dalam hal hantaran pengantin, ini yang diharapkan nanti calon pengantinnya akan membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, dan seterusnya," ujarnya. 

"Karena pengharapan yang timbul, masa depan itu selalu diisi dengan hal-hal yang membahagiakan dan menyenangkan," tambah Mur. 

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.