Kompas.com - 02/12/2021, 20:17 WIB
Ilustrasi roti sisir jadul. SHUTTERSTOCK/ Eva HidayahIlustrasi roti sisir jadul.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Roti sisir adalah salah satu roti zaman dulu yang masih banyak digemari. Ciri khas roti ini yakni teksturnya yang lembut serta permukaannya yang diolesi dengan mentega. 

Cara membuat roti sisir sebetulnya sederhana. Namun supaya teksturnya empuk dan berserat ada beberapa hal detail yang harus diperhatikan saat membuatnya. 

Baca juga:

Mengutip dari "Laris Manis Bakulan @Dinnioti: 45 Resep Kue Kering, Cake, Roti" oleh Wahdini Miftahul Husna terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut cara membuat roti sisir supaya empuk dan lembut. 

1. Pakai kombinasi tepung 

Untuk mendapatkan tekstur roti sisir yang empuk dan lembut, maka kamu perlu mencampur tepung terigu protein tinggi dan sedang. 

Namun penggunaan tepung terigu protein sedangnya pun tidak perlu terlalu banyak. Cukup sekitar 25 gram untuk campuran 230 gram tepung terigu protein tinggi. 

ilustrasi tepung terigu. SHUTTERSTOCK/Africa Studio ilustrasi tepung terigu.

2. Putar loyang saat memanggang 

Kesulitan saat membuat roti sobek yakni memastikan warna permukaannya merata. Untuk itu, penting memahami oven masing-masing agar permukaan roti sobek warnanya cantik.

Sebagai antisipasi, baiknya loyang diputar sekali putaran agar warna permukaan roti sobek merata. 

Baca juga:

3. Waktu mengistirahatkan adonan 

Sebelum dipanggang adonan roti sobek diistirahatkan terlebih dulu agar hasilnya empuk dan berserat. Proses ini dilakukan tiga kali supaya hasilnya sempurna. 

Pertama, adonan diistiraharkan sekitar 30-45 menit. Lalu, setelah dibulatkan adonan diistirahatkan kembali sekitar 10 menit. 

Baca juga:

Sebelum dipanggang, adonan yang telah ditata dalam loyan pun perlu diistirahatkan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.