Kompas.com - 02/12/2021, 18:04 WIB
Ilustrasi roti gembong di dalam wadahnya. KOMPAS.com/ Lea LylianaIlustrasi roti gembong di dalam wadahnya.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Roti gembong adalah roti zaman dulu yang mirip dengan roti sobek. Roti ini populer di Yogyakarta.

Kendati demikian asal roti gembong sebetulnya dari Kutai, Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Rifawan Pradipta Kusuma atau akrab disapa Adip, Direktur Utama Roti Gembong Gedhe mengatakan bahwa mulanya cukup sulit mengenalkan roti gembong ke masyarakat di Yogyakarta.

Baca juga:

Bahkan pada dua bulan pertama produksi roti gembong di tempat Adip tak habis terjual.

"Pertama jualan waktu itu dua kali adonan. Satu kali adonan 40, jadi 80 roti. Nah 80 roti yang dijual di tanggal 15 itu juga enggak habis. Waktu itu juga sudah promo tapi yang melarisi dan yang beli sodara," terang Adip kepada Kompas.com, Rabu (14/11/2021). 

Ilustrasi roti gembong dengan topping cokelat yang melimpah. INSTAGRAM/ Roti Gembong Gedhe Ilustrasi roti gembong dengan topping cokelat yang melimpah.

Selama dua bulan, roti sisa selalu dibagikan oleh Adip kepada masyarakat sekitar serta orang-orang yang lewat tokonya.

"Nah sampai malam itu masih sisa sampai 40, akhirnya dibagiin, sudah yang penting hari ini roti enggak ada sisa, biar semua orang mencicipi dulu saja. Sudah enggak mikir rugi. Jadi ya dari 15 Juli selama dua bulan itu, sering bagi-bagiin roti," jelasnya. 

Meskipun rugi, Adip justru merasa terbantu dengan cara tersebut. Sebab, lewat cara inilah masyarakat Yogyakarta jadi tahu apa itu roti gembong. 

Baca juga:

Selain membagikan roti, hal lain yang turut membuat gerainya ramai yaitu lokasi tempatnya yang strategis, berada di Jalan Gejayan. 

"Awalnya memang dari mulut ke mulut. Memang waktu itu ada Facebook, ada Instagram, tapi telat banget. Jadi memang dari mulut ke mulut itu, terus untung juga lokasinya strategis, dekat penjual gorengan terkenal di situ," ujar Adip. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.