Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Roti Gembong di Yogyakarta, Banyak Pilihan Isiannya

Kompas.com - 30/11/2021, 22:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Roti gembong cocok dinikmati sebagai camilan sore atau sarapan. Roti bertekstur lembut ini memiliki banyak pilihan, mulai dari cokelat hingga butter cream.

Di Yogyakarta, ada gerai toko gembong enak yang patut dicoba. Nama tempatnya Roti Gembong Gedhe

Gerai roti kembang ini telah memiliki 105 cabang kemitraan yang tersebar di beberapa wilayah di Pulau Jawa. Di Yogyakarta sendiri kamu bisa menemukannya dengan mudah karena cabangnya banyak.

Baca juga:

Ilustrasi roti gembong dan spongde. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi roti gembong dan spongde.

Beberapa waktu lalu, Kompas.com berkesempatan mencoba roti gembong dari Roti Gembong Gedhe. Berikut ulasan ringkas mengenai roti gembong tersebut. 

Mencoba roti gembong hits di Yogyakarta

Saat membeli sebetulnya Kompas.com sempat kebingungan karena pilihan filling-nya cukup banyak. Menurut ulasan pun semua filling atau isiannya juga menarik untuk dicoba.

Pilihannya ada butter cream, oreo, nucomaltine, hingga adon sapi buatmu yang suka gurih.  

Lalu, karena ingin aman Kompas.com kemudian memilih roti gembong cokelat dan Spongde, varian baru dari Roti Gembong Gedhe yang berisi daging ayam. 

Baca juga:

Sesuai ekspektasi, roti gembong cokelatnya memiliki isian yang melimpah. Saat disantap bahkan isiannya 'berantakan' dan keluar dari rotinya. 

Rasa isian cokelat ini dominan manis tapi tetap lembut dan konsistennya cukup kental. 

Namun karena tidak dipotong, Kompas.com kesulitan mengambil satu potongan roti. Jadi, potongan rotinya menjadi tidak sama. 

Ilustrasi roti gembong isi cokelat.KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi roti gembong isi cokelat.

Dari segi tekstur, roti gembong ini cukup empuk dan lembut. Bagian dalam rotinya pun tampak berserat dan mengembang dengan baik.

Berikutnya adalah roti Spongde. Sebetulnya roti ini mirip seperti roti gembong tapi potongannya lebih rap sehingga lebih mudah diambil. 

Isian roti Spongde adalah daging ayam cincang. Dari segi rasa isian tersebut mirip seperti isian bakpao, cita rasanya gurih dan aromanya khas. 

Dari segi tekstur roti Spongde ini sama seperti roti gembong, empuk, lembut, dan berserat.

Namun sayangnya menurut Kompas.com isiannya sedikit sehingga kurang puas saat menyantapnya. Kendati demikian, roti Spongde ini dapat menjadi pilihan jika kamu menyukai roti dengan cita rasa gurih. 

Ilustrasi roti spongde, menu baru dari Roti Gembong Gedhe. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi roti spongde, menu baru dari Roti Gembong Gedhe.

Jika ingin mencoba, kamu bisa membeli produk dari Roti Gembong Gedhe ini di toko langsung atau memesan melalui ojek daring. 

Satu kotak roti gembong cokelat diberi harga Rp 15.000, sedangkan untuk Spongde Rp 20.000.

Menurut Kompas.com, harga tersebut cukup terjangkau mengingat satu kotak roti berisi enam potongan. Terlebih teksturnya juga lembut dan filling-nya melimpah. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com