Kompas.com - 29/11/2021, 21:03 WIB
Sutaningsih mengemas Sambal Kraos buatannya. Surya.co.id/Didik MashudiSutaningsih mengemas Sambal Kraos buatannya.

 

KOMPAS.com - Usaha sambal kemasan menjanjikan dari segi bisnis. Ini yang dirasakan oleh Sutaningsih pengusaha Sambal Kraos asal Kediri, Jawa Timur. 

Sutaningsih mengawali usaha membuat sambal enam tahun lalu. 

"Awalnya saya buka usaha catering. Lalu daftar UMKM dan disarankan untuk memiliki produk yang tahan lama," kata Sutaningsih dikutip dari Surya.co.id, Senin (29/11/2021). 

Ia berpikir sambal kemasan siap santap tergoling tahan lama. Selain itu, hasil panen bawang merah juga melimpah di sekitarnya. 

Baca juga:

Alhasil Sutaningsih berkreasi dengan aneka varian sambal bawang. Ia membuat kreasi sambal ayam, udah, baby cumi, dan ikan asap. 

Dengan merek Sambal Kraos, Sutaningsih juga aktif mengikuti pameran UMKM yang diselenggarakan Pemerintah Kota Kediri. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by sambal KRAOS (@sambalkraos)

Tak lupa, ia juga menerapkan ilmu marketing yang didapat khususnya melalui media sosial.  Sutaningsih mengaku banyak mendapat dukungan dari Pemkot Kediri. 

"Pelayanan perizinan cepat, mudah dan gratis," ungkapnya.

Baca juga:

Ia juga mengurus izin sertifikasi halal untuk Sambal Kraos di Majelis Ulama Indonesia, saat ini sedang menjalani proses audit. 

Saat ini, usaha Sambal Kraos semakin terkenal sampai ke luar Kediri. Pelanggan paling banyak, diakui Sutaningsih berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.