Kompas.com - 25/11/2021, 22:04 WIB
Ilustrasi wajik berbentuk hati untuk hantaran pernikahan. SHUTTERSTOCK/ByRazifNasirIlustrasi wajik berbentuk hati untuk hantaran pernikahan.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Selain membawa seserahan, kue atau jajan tradisional juga wajib dibawa untuk hantaran pernikahan. Jenis kue tradisional yang biasa dipakai untuk hantaran yaitu wajik dan jadah. 

Dulu wajik dan jadah hanya dikemas menggunakan nampan lalu ditutup plastik. Namun kini, banyak penjual yang mulai mengkreasikan bentuk kemasannya. 

Anita Mustafa, pemilik usaha Qila Snack turut mengikuti tren tersebut. Anita kini mengemas wajik dan jadah untuk hantaran dengan cara berbeda. 

Baca juga:

Ilustrasi jadah dan wajik yang dihias untuk hantaran. INSTAGRAM/ Qila Snack Ilustrasi jadah dan wajik yang dihias untuk hantaran.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Dikreasikan bentuknya 

Jadah dan wajik yang digunakan untuk hantaran kini bentuknya lebih bervariasi. Anita sendiri biasa membentuknya menjadi bunga mawar atau bentuk hati. 

Untuk membentuknya Anita memakai cetakan atau loyang berbentuk mawar. Sementara, untuk putik bunga cukup dibulatkan memakai tangan. 

"Bentuknya itu pakai cetakan kue dari plastik kalau yang mawarnya. Nanti terus kalau kayak bulat-bulatnya, ya digilik saja biasa," tutur Anita kepada Kompas.com, Jumat (19/11/2021).

"Kayak putik itu, itu kan cuma dibulat saja, digelintir saja gitu," tambahnya. 

Baca juga:

2. Menumpuk jadah dan wajik 

Cara sederhana menghias wajik dan jadah hantaran yakni dengan menumpuk keduanya. Misalnya, jadah sebagai dasar lalu wajik untuk hiasan atau sebaliknya. 

"Biasanya itu cuma kebalikannya, jadi kalau wajik itu hiasanya dari jadahnya, kalau jadah itu dari wajiknya," kata Anita. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.