Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2021, 20:08 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Minyak goreng merupakan salah satu bahan krusial yang harus ada di dapur. Ada banyak jenis minyak goreng yang bisa dipakai untuk memasak, salah satunya minyak kelapa. 

Sama halnya dengan minyak sayur lainnya, minyak kelapa bisa dipakai untuk menumis ataupun menggoreng makanan. Kendati demikian fungsi minyak kelapa bervariatif.  

Baca juga:

Melansir dari beberapa sumber, berikut fungsi minyak kelapa dalam masakan yang menarik untuk diketahui.

1. Untuk menggoreng dan menumis

Minyak kelapa memiliki titik asap sekitar 176-200 derajat celcius, seperti dilansir dari The Spruce Eats. Oleh karenanya, kamu bisa memakainya untuk menggoreng maupun menumis makanan menggunakan suhu sedang. 

Beberapa sumber menyebut bahwa makanan yang dimasak dengan minyak kelapa umumnya lebih gurih. Pasalnya, minyak ini terbuat dari buah kelapa yang notabenenya pun gurih. 

Minyak kelapa atau makanan yang diolah dan dikonsumsi bersamanya termasuk makanan yang tinggi lemak jenuh.SHUTTERSTOCK Minyak kelapa atau makanan yang diolah dan dikonsumsi bersamanya termasuk makanan yang tinggi lemak jenuh.

2. Menambah aroma masakan

Selain menghasilkan rasa gurih yang khas, minyak kelapa juga dapat memberi aroma pada masakan, seperti dikutip dari Bon Appetit. Terutama pada hidangan yang dipanggang. 

Bahkan kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk membuat kue tertentu. 

Baca juga:

Tak jarang ada pula memakai minyak kelapa sebagai pengganti minyak zaitun, minyak kanola, maupun butter dalam pembuatan kue.

Meski hasilnya sedikit berbeda, tapi kue yang dipanggang dengan minyak kelapa pun beraroma dan kaya rasa. 

Minyak kelapa bisa melubrikasi usus dan menghentikan konstipasi.Unsplash/Tijana Drndarski Minyak kelapa bisa melubrikasi usus dan menghentikan konstipasi.

3. Olesan roti atau pelengkap makanan

Mengutip "Sehat Dengan Rempah Dan Bumbu Dapur" oleh Made Astaman dari Penerbit Buku Kompas, minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai olesan roti, sama seperti margarin. 

Dalam laman The Spruce Eats pun dijelaskan bahwa minyak kelapa bisa untuk drizzling atau pelengkap beragam masakan, misalnya saja popcorn

Baca juga:

Terkadang ada pula yang menggunakan minyak kelapa untuk bumbu marinasi, dressing salad, dan pelengkap smoothie

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa minyak kelapa memiliki banyak kegunaan dalam masakan. 

Buku "Sehat Dengan Rempah Dan Bumbu Dapur" oleh Made Astaman dari Penerbit Buku Kompas dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com