Kompas.com - 20/11/2021, 19:39 WIB
Ilustrasi kikil sapi (kaki sapi) mentah yang siap diolah. SHUTTERSTOCK/SYANTI EKASARIIlustrasi kikil sapi (kaki sapi) mentah yang siap diolah.

KOMPAS.com - Kamu bisa membeli kikil di banyak tempat, seperti pasar tradisional dan beberapa swalayan. 

Namun, tidak semua kikil memiliki kualitas baik. Kamu harus bisa mengetahui ciri kikil yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

Sebelum membeli kikil, sebaiknya simak empat cara kikil aman dikonsumsi yang disarankan langsung oleh beberapa koki profesional berikut ini.

Baca juga: 2 Cara Olah Kaki Sapi untuk Diambil Kikil dan Tulangnya

1. Pilih kikil berwarna cokelat

Kikil diambil dari bagian kaki sapi atau kambing. Warna kikil yang berkualitas adalah cokelat.

"Kikil yang bagus itu warnanya cokelat, ada cokelat muda dan cokelat tua, warnanya kayak gitu. Itu kikil yang bagus," kata Head Chef Jakarta Aloft Wahid Hasyim, Dikdik Maulana Malik pada Kompas.com, Kamis (18/11/2021).

Sementara itu, Executive Chef The 1O1 Bogor Suryakancana, Muhammad Holik memberi saran serupa. Menurut Holik, warna kikil yang bagus adalah krem.

"Agak putih cuma putihnya tidak terlalu putih, agak krem kali ya, yang penting tidak ada warna selain dasar warna kikilnya itu," ujar Holik saat dihubungi pada hari yang sama.

Baca juga:

2. Hindari kikil berwarna putih bersih

Ilustrasi kikil sapiShutterstock/Mezario Ilustrasi kikil sapi

Dikdik menganjurkan untuk menghindari kikil berwarna putih bersih. Sebab, warna tersebut bisa berasal dari pemutih tekstil.

"Sekarang nih suka banyak penjual-penjual yang kalau pengen keliatan bagus kikilnya dipakein pemutih jadi, pemutih pakaian ya, pemutih tekstil. Jadi kelihatan putih, benar-benar bersih gitu ya kelihatan bersih," jelas Dikdik.

Menurut Holik, warna kikil yang terlalu putih dan bersih bisa jadi didapatkan dari campuran tawas yang berbahaya bagi tubuh.

"Ada indikasi dia memakai tawas kali ya, yang lebih bagus sih dia warnanya fresh dan aromanya masih segar lah," tutur Holik.

Selain menghindari kikil berwarna putih bersih, Holik juga menyarankan untuk tidak membeli kikil yang memiliki bagian memar atau hitam.

"Tidak ada yang berwarna lain selain fresh, misalnya kayak berjamur atau warnanya memar gitu," ujarnya.

Chef di Novotel Bangka, Jaka Lestari juga menyarankan hal yang sama seperti Holik, yaitu menghindari kikil berwarna lain.

"Warnanya masih bagus, tidak biru," kata Jaka saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: 5 Ide Resep Jeroan, Kikil, dan Kulit Sapi

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.