Kompas.com - 19/11/2021, 21:17 WIB
Ilustrasi telur asin merah. Dok. Shutterstock/Kaleidoscope85Ilustrasi telur asin merah.

KOMPAS.com - Saus telur asin sempat menjadi tren masakan. Terlihat dari beberapa menu makan dengan saus telur yang banyak dijual di restoran atau kafe.

Salah satunya, ayam telur asin dengan saus creamy dan gurih. Sesuai dengan namanya, saus telur asin terbuat dari kuning telur asin yang dimasak dengan mentega dan aneka bumbu lainnya.

Ada cara mengasinkan kuning telur bebek untuk bekal membuat saus telur asin yang creamy, seperti yang dijelaskan Yessy Dian selaku pemilik Telur Asin Laris Masir di Surabaya. Simak caranya berikut ini.

Baca juga: 10 Tips Bikin Saus Telur Asin Creamy dan Enak ala Restoran

Ilustrasi tahu kukus telur asin. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi tahu kukus telur asin.

1. Cara membuat telur bebek dengan abu gosok atau air garam

Cara mengasinkan kuning telur bebek untuk membuat saus yang cream adalah dengan melakukan langkah awal membuat telur bebek pada umumnya.

Yessy mengungkapkan ada dua metode mengasinkan telur bebek. Pertama, telur bebek dibalut dengan abu gosok yang sudah dicampur garam kasar.

Kedua, telur bebek direndam dengan air yang dicampur dengan garam kasar. Proses mengasinkan telur bebek membutuhkan waktu sekitar 13-15 hari agar masir, seperti yang dituturkan oleh Yessy kepada Kompas.com pada Kamis (18/11/2021). 

Baca juga: 3 Cara Pilih Telur Asin yang Bagus dan Masir

2. Pisahkan putih dan kuning telur bebek

Setelah proses mengasinkan telur bebek, pisahkan putih dan kuning telurnya.

“Habis diasinkan itu trus dipisahkan antara kuning dan putihnya. Tapi bersihkan dulu telurnya dari abu gosok, kalau pakai abu gosok. Trus dipisahin deh.” katanya.

Menurut Yessy, telur bebek tawar yang belum diasinkan kemudian diasinkan. Kuning telurnya sudah pasti utuh dan bisa diambil sebelum diolah kembali.

“Makanya pastikan proses mengasinkannya itu pas selama 14 hari. Kalau sudah seminggu sudah diangkat telurnya, ya kuning telurnya masih belum utuh.” jelasnya.

Baca juga: 6 Jenis Kue Bulan di China, dari Isi Telur Asin sampai Kelopak Mawar

3. Kukus kuning telur bebek

“Kalau saya, ya ada yang masih mentah gitu trus dibeli orang. Biasanya buat bikin saus. Tapi ada juga yang mintanya matang. Kalau mintanya matang ya saya kukus.” ujar Yessy kepada Kompas.com.

Kalau kamu ingin menyimpan kuning telur bebek dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya kukus kuning telur bebek hingga matang.

Kamu juga bisa mengolah kuning telur bebek yang baru saja dikukus dalam masakan atau dinikmati secara langsung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.