Kompas.com - 18/11/2021, 19:34 WIB
ilustrasi makanan cepat saji dan sayuran untuk penderita diabetes. SHUTTERSTOCK/Ekaterina Markelovailustrasi makanan cepat saji dan sayuran untuk penderita diabetes.

KOMPAS.com - Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya nilai kadar gula darah dalam tubuh.

Tingginya kadar gula dalam darah membuat penderita diabetes disebut harus membatasi makanan tertentu. Benarkah begitu?

Ahli Gizi UGM Dr Toto Sudargo, M.Kes mengatakan, meski belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, penderita diabetes umumnya diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan apa saja.

"Pola makan pun untuk penderita diabetes sangat simpel, bisa ketemu semuanya dengan makanan," kata Toto kepada Kompas.com, Rabu (17/11/2021).

Hanya saja, penderita diabetes harus memperhatikan empat faktor penting perihal makanan yakni jumlah, jenis, frekuensi, dan waktu.

Baca juga:

Ilustrasi gula pasir dan gula bubuk. SHUTTERSTOCK/BEATS1 Ilustrasi gula pasir dan gula bubuk.

Ada batasan asupan harian

Jumlah asupan harian merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes.

Kebebasan untuk mengonsumsi beragam makanan harus diikuti dengan batasan tertentu. Salah satunya adalah batasan konsumsi gula.

Penderita diabetes boleh mengonsumsi gula atau makanan manis dengan batas satu sendok makan per hari.

"Maksimal itu satu hari hanya satu sendok makan. Maksimal. Kalau kita ingin nyaman gitu," ujar Toto.

Namun, batas konsumsi gula harian bagi penderita diabetes tersebut, menurut Toto, masih situasional.

Penderita diabetes boleh saja mengonsumsi lebih dari satu sendok makan gula, selama hal itu diperlukan.

"Pada hari itu kita kelelahan dan sebagainya sehingga pusing dan lemas sekali, itu bisa nambah setengah sendok lagi. Jadi sangat situasional gitu," kata Toto.

Selain bergantung pada kondisi fisik, jumlah makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes juga tidak selalu sama rata.

ilustrasi makanan bergizi untuk penderita diabetes. SHUTTERSTOCK/Oleksandra Naumenko ilustrasi makanan bergizi untuk penderita diabetes.

Menurut buku "Penderita Diabetes Boleh Makan Apa Saja" (2013) oleh Hans Tandra terbitan Gramedia Pustaka Utama, jumlah asupan harian penderita diabetes juga harus disesuaikan dengan usia tertentu.

Penderita diabetes berusia lebih dari 50 tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi lebih banyak dibandingkan remaja.

Sebab, penderita diabetes berusia di bawah 50 tahun atau yang masih muda biasanya memiliki banyak aktivitas yang menuntut pergerakan sehingga membutuhkan jumlah asupan lebih banyak.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.