Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Carabikang Lembut, Berserat, dan Mekar

Kompas.com - 16/11/2021, 18:37 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Carabikang merupakan kue tradisional dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan gula pasir. Kue carabikang lembut dan mekar biasanya dijual di pagi hari untuk kudapan pengganjal lapar.

Cara membuat kue carabikang lembut dan enak cukup mudah. Namun, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar hasilnya tidak berujung gagal.

Simak cara membuat carabikang anti gagal seperti yang dilansir dari buku “Sukses Membuat Aneka Kue” oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

1. Gunakan tepung beras kualitas baik

Kue carabikang identik dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.DOK. SHUTTERSTOCK Kue carabikang identik dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Cara membuat carabikang yang lembut adalah gunakan tepung beras berkualitas baik. Pastikan tepung beras masih baru saat akan digunakan membuat carabikang.

Dalam buku tersebut menyebutkan, kamu bisa membuat tepung beras sendiri dengan cara cuci beras sampai bersih, rendam selama tiga jam, tiriskan dan angin-anginkan beras. Blender hingga halus dan ayak.

2. Cara uleni adonan carabikang

Ada cara menguleni adonan carabikang agar empuk dan bersarang yaitu tepuk-tepuk adonan. Adonan ditepuk-tepuk selama 20 menit agar semakin banyak udara yang terperangkap.

Banyaknya udara yang terperangkap di dalam adonan bisa membuat carabikang bersarang.

3. Panaskan cetakan carabikang sebelum digunakan

Cara panggang adonan carabikang adalah panaskan cetakan hingga panas. Tuang adonan sambil kecilkan api.

Pastikan saat menuang adonan, ada suara mendesis. Suara tersebut menandakan kalau cetakan cukup panas.

Menambahkan dari buku Kue & Snack Legendaris untuk Jualan oleh Wawawiati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, gunakan api sedang selama memanggang carabikang. Cetakan yang terlalu panas dengan api besar bisa menyebabkan serat kasar dan besar-besar.

Sementara itu, cetakan yang kurang panas bisa menyebabkan adonan carabikang tidak berserat dan bantat. Jadi pastikan penggunaan api tepat.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com