Kompas.com - 16/11/2021, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Karipap atau curry puff sekilas mirip pastel tetapi kulitnya berlapis dan teksturnya lebih renyah. Sesuai namanya, isi karipap adalah kentang bumbu kari.

Menurut koki di perusahaan tepung pre-mix Chef Solihin seperti mengutip Kompas.com, kulit karipap terbuat dari puff pastry.

Kulit karipap terdiri dari beberapa lapisan karena satu adonan dengan adonan lainnya terjeda lemak. Setelah karipap digoreng, teksturnya lebih renyah daripada pastel.

Karipap merupakan jajanan yang banyak ditemukan di Malaysia dan Singapura. Old Chang Kee adalah salah satu toko karipap legendaris di Singapura. Cabang Old Chang Kee juga ada di Indonesia.

Bagaimana awal mula munculnya karipap? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga:

Ilustrasi cornish pastry dari Inggris, bentuknya mirip pastel. UNSPLASH/SCOTT ECKERSLEY Ilustrasi cornish pastry dari Inggris, bentuknya mirip pastel.

Sekilas sejarah karipap

Melansir National Library Board Singapore, karipap dipercaya terinspirasi dari makanan Inggris bernama cornish pastry, bentuknya terlihat mirip dengan pastel.

Curry puff kemungkinan diperkenalkan ke Semenanjung Malaya pada 1800-an. Beberapa orang berpendapat bahwa curry puff mirip dengan empanada khas Portugis dan samosa dari India.

Karipap yang awalnya muncul bentuknya mirip dengan pai dari Barat yang kulitnya tipis dan lebih berlemak.

Konon, karipap sudah dijual oleh pedagang kaki lima sebelum dijual di toko dan restoran. Sementara, ditemukan bahwa sudah ada iklan tentang karipap di Straits Times pada 14 Maret 1924.

Baca juga:

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.