Kompas.com - 14/11/2021, 18:27 WIB
Ilustrasi keamanan pangan dan kebersihan dalam mengelola makanan. Dok. Shutterstock/Syda ProductionsIlustrasi keamanan pangan dan kebersihan dalam mengelola makanan.

KOMPAS.com - Sanofi Pasteur Indonesia menginisiasi kampanye #SantapAman untuk mengingatkan pentingnya melakukan vaksinasi demam tifoid, Kamis (11/11/2021).

Demam tifoid merupakan penyakit menular melalui makanan yang terkontaminasi oleh bakteri salmonela typhi.

"Seperti kita ketahui bahwa kurang lebih 97 persen pengeluaran per bulan yang dilakukan masyarakat selama pandemi ini biasanya untuk pesan makanan," ujar dr Dhani Arifandi T., Head of Medical Sanofi Pasteur Indonesia. 

Di sisi lain, Dhani menyebutkan adanya kemungkinan kontaminasi bakteri pada makanan. 

Dhani menilai bahwa makanan yang terkontaminasi salmonela typhi bisa datang dari mana saja, seperti makanan rumahan, dine in di restoran, take away, atau delivery.

"Oleh sebab itu di mana kita ingin menikmati santap aman, maka Sanofi mengadakan kampanye ini dengan tujuan mengedukasi masyarakat Indonesia karena sudah ada perlindungan dari vaksin," tutur Dhani.

Untuk memaksimalkan kampanye #SantapAman, Sanofi Pasteur Indonesia menghadirkan dua narasumber yang berkaitan dengan keamanan dan kebersihan pangan yaitu dr Suzy Maria Sp.PD, K-AI dan William Gozali sebagai chef sekaligus influencer.

Dalam kesempatan tersebut, Suzy menyampaikan detail mengenai penyakit demam tifoid yang bisa menyebabkan kekhawatiran bagi semua orang, khususnya para pencinta kuliner. 

"Satu sisi penasaran pengin coba makan, satu sisi khawatir tertular penyakit dari makanan tersebut'," papar Suzy.

Menurut Suzy, kontaminasi bakteri dalam makanan bukan merupakan hal baru, melainkan sesuatu yang wajar.

Sebab, makanan tidak mungkin bisa steril sepenuhnya, seperti alat-alat kedokteran di rumah sakit.

Meski dianggap sebagai hal wajar, bakteri dalam makanan harus tetap diminimalisir untuk mencegah datangnya penyakit menular melalui makanan atau yang disebut dengan foodborne disease.

"Jadi foodborne disease ini akan menularkan penyakit melalui makanan yang kita makan," kata Suzy.

Baca juga:

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.