Kompas.com - 14/11/2021, 15:19 WIB

KOMPAS.com - Space Coffee Roastery di Yogyakarta adalah roastery sekaligus kafe kopi specialty yang menyasar home brewers atau penyeduh kopi rumahan.

Penyeduh kopi rumahan membeli biji kopi sangrai produksi Space, sebutan akrab Space Coffee Roastery. Kemudian diseduh dengan metode sesuai selera pelanggan.

Tidak jarang penyeduh kopi rumahan melengkapi dirinya dengan berbagai alat untuk menyeduh kopi seperti V60 dan french press.

Apakah penyeduh kopi rumahan harus memiliki alat khusus untuk menghasilkan kopi nikmat? General Manager Space Coffee Roastery Dien memberikan saran untuk penyeduh kopi rumahan pada Selasa (5/10/2021).

Baca juga:

Ilustrasi coffee grinder atau alat penggiling biji kopi. UNSPLASH/COFFEE GEEK Ilustrasi coffee grinder atau alat penggiling biji kopi.

Gilingan kopi menjadi alat penting

Dien menyampaikan bahwa penyeduh kopi sebaiknya mempunyai grinder atau alat penggiling kopi. Hal ini berhubungan dengan kualitas dan rasa seduhan kopi.

"Kalau misalnya order kopi udah bubuk, fresh kopi lebih cepat menguap. Aroma rasa dan segala macamnya lebih cepat hilang kalau udah bubuk," papar Dien.

Pasalnya, kualitas dan kesegaran kopi bubuk dapat bertahan hanya sekitar satu minggu.

Penyeduh kopi diharapkan membeli kopi berupa biji sangrai bukan bubuk. Sehingga grinder menjadi alat penting dan utama yang sebaiknya dimiliki penyeduh kopi.

Berbagai biji kopi produksi Space Coffee Roastery Jogja, (7/3/2020).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Berbagai biji kopi produksi Space Coffee Roastery Jogja, (7/3/2020).

Apabila ingin menghasilkan kopi yang segar, sediakan dulu grinder baik yang manual maupun mesin. Jenis grinder tidak menjadi masalah asalkan berfungsi dengan baik.

Menurut pantauan Kompas.com, harga gilingan kopi manual mulai dari Rp 50.000-an untuk kapasitas 20 gram biji kopi.

Metode seduh apa saja bisa diterapkan untuk membuat kopi segar dan nikmat setelah mempunyai grinder.

"(Punya) V60 duluan tapi nggak punya grinder sama aja bohong, karena jauh lebih enak misalnya grinder giling sendiri. (Lalu) seduh tubruk lebih enak daripada order bubuk tapi seduh v60," kata Dien.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.