Kompas.com - 13/11/2021, 13:13 WIB

KOMPAS.com - Cendol merupakan santapan dingin yang umumnya disajikan dengan santan kelapa dan gula merah.

Cara membuat cendol tidak sulit. Selain mengikuti resep yang sudah ada, kamu juga bisa menyimak tips membuat cendol agar tidak gagal.

Jika ingin coba membuat cendol di rumah, coba simak tiga cara membuat cendol, mulai dari pemilihan bahan hingga cetakan cendol berikut ini.

Baca juga:

1. Pakai dua jenis tepung

Cendol bisa dibuat dari beberapa jenis tepung, seperti tepung beras, sagu aren, tepung kanji, atau tepung hunkue.

Menurut Executive Sous Chef Hotel Santika Bandung, Fathul Abrar, salah satu cara membuat cendol enak adalah dengan mencampur dua jenis tepung berbeda.

Sebagai contoh, tepung hunkue bisa dicampur dengan tepung beras atau tepung kanji. Selain itu, Fathul juga mengatakan, cendol bisa dibuat dari campuran tepung hunkwe dan tepung beras.

Fathul menuturkan, cendol yang dibuat dari campuran tepung beras atau tepung kanji memiliki cita rasa dan wangi yang berbeda dengan cendol dari tepung hunkwe dan tepung beras.

"Tepung hunkwe adalah tepung yang berasal dari sari pati kacang hijau, tekstur sedikit lebih kasar dari tepung terigu biasanya," kata Fathul dikutip dari berita Kompas.com yang tayang pada Sabtu (2/5/2021).

Baca juga:

2. Ganti tepung dengan jeli

Selain bisa dibuat dari aneka jenis tepung, kamu juga bisa membuat cendol dari jeli atau agar-agar, tanpa menggunakan tepung sama sekali.

"Membuat cendol dari agar-agar bisa, hanya saja caranya sedikit berbeda, kita harus bikin agar-agarnya dulu, nanti tinggal serut saja pakai parutan keju," ujar Fathul, dikutip dari berita Kompas.com yang tayang pada Jumat (1/5/2021).

Fathul menyarankan untuk menggunakan jeli atau konyaku dengan tekstur lebih padat. Sebab. agar-agar memiliki tekstur yang lebih halus sehingga mudah hancur.

Baca juga: Resep Cendol Jelly Sederhana, Takjil Praktis Cuma Perlu Diparut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.