Kompas.com - 12/11/2021, 16:08 WIB
Illabulo dan binte biluhuta khas Bone Bolango dan Gorontalo. Kompas.com/Silvita AgmasariIllabulo dan binte biluhuta khas Bone Bolango dan Gorontalo.

KOMPAS.com - Kuliner Gorontalo dan Bone Bolango dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mengeksplorasi kekayaan kuliner Indonesia. 

Ciri khas makanan dari Gorontalo dan Bone Bolango adalah pengunaan rempah yang kaya, bahan boga bahari, dan santan. 

Melalui program Sustainable Culinary Journey, Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango yang merupakan anggota Lingkar Temu Kapubaten Lestari bekerja sama dengan Kaum Jakarta, Brookland Coffee, dan Masak TV, memperkenalkan kekayaan kuliner dua daerah. 

"Semoga lewat acara ini kuliner Gorontalo dan Bone Bolango dapat dikenal lebih luas, tidak hanya di sekitar Sulawesi tapi hingga nasional," kata Bupati Gorontalo dan Sekretaris Jenderal LTKL Nelson Pomalingo dikutip dari siaran pers. 

Baca juga:

Kompas.com berkesempatan mencicipi makanan Gorontalo dan Bone Bolango di acara Jelajah Rasa dan Budaya Gorotalo dan Bone Bolango yang diselenggarkan di Kaum, Jakarta, pada Selasa (9/11/2021). 

Ada lima makanan dari Gorontalo dan Bone Bolango buatan Head Chef Kaum Rachmad Hidayat yang disajikan dalam acara tersebut. 

Rencananya makanan Gorontalo juga akan tersedia secara ekslusif di Kaum pada Desember 2021. 

Berikut empat makanan Gorontalo dan Bone Bolango yang lezat dan ramah lingkungan: 

1. Binte biluhuta

Binte biluhuta adalah makanan khas Gorontalo dan Bone Bolango berupa sup yang berisi jagung pulut atau jagung manis, santan, kemangi, kelapa cukur, dan terong.

Binte biluhuta biasanya juga dicampurkan udang atau ikan untuk menambah kaya rasa. Semua bahan di binte biluhuta merupakan hasil alam dari Gorontalo dan Bone Bolango.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.